Tips Merawat Burung Kenari Anda Pada Saat Mabung

Posted on

Mabung atau bisa juga disebut rontok bulu (moulting) adalah siklus alamiah yang dialami setiap jenis keluarga burung. Dalam merawat burung kenari pada saat mabung merupakan hal yang sangat penting, jika anda salah dalam perawatan maka burung kenari anda menjadi rusak dan malas berbunyi.

Pada masa pergantian bulu atau mabung metabolisme tubuh burung kenari sangat membutuhkan asupan nutrisi yang sangat memadai, bahkan porsinya lebih tinggi daripada saat pada saat kondisi normal, kebutuhan pakan serta ekstra fooding sangat diperlukan untuk memenuhi proses metabolisme tersebut.

Perhatikan pemberian pakan serta ekstra fooding, pada saat-saat mabung porsi pemberian pakan bisa anda tambahkan. Dalam penjemuran sebaiknya sebentar saja, paling lama bisa selama 30 menit, hal ini berguna agar kenari untuk menghindari kegemukkan pada burung kenari, karena pada saat mabung seperti ini burung cenderung makan lebih banyak, setelah dijemur bisa anda angin-anginkan sebentar lalu dikerodong. Karena pada saat mabung burung kenari lebih banyak diam dan mendengar maka bisa anda master sesuai dengan karakter suara dari burung kenari tersebut.

Ada juga burung kenari pada saat mabung masih saja gacor dan masih birahi, sebaiknya jangan anda kawinkan, karena akan menghambat proses mabung atau rontok bulu dan menjadi lebih lama. Akan tetapi pada burung kenari betina pada saat mabung ada juga yang masih dikawinkan selama burung kenari betina tersebut masih birahi, menurut beberapa orang tidak masalah, asal jangan burung kenari jantan saja.

Menurut anda bagaimana? Terima kasih semoga bisa menjadi masukan bagi anda, salam roller mania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *