Tips Membuat Kolam Ikan Hias Sederhana

Posted on

Hobi memelihara ikan memang menyenangkan, apalagi ikan yang kita pelihara ditempatkan di dalam kolam hias yang bagus dan terlihat menarik. Tapi kendalanya adalah untuk membuat kolam ikan hias memerlukan dana yang besar alias mahal. Kali ini kita akan membahas tentang membuat kolam ikan hias sederhana yang dapat anda praktekan dirumah anda.

Bahan pembuatan kolam ikan sederhana
Bahan yang digunakan untuk kolam ikan sederhana biasanya dari terpal. Selain harganya murah kolam ikan terpal ini juga mampu bertahan lama, sekitar 2 sampai 3 tahun. Ikan hias yang ditempatkan di dalam kolam terpal bisa berbagai macam ikan seperti ikan koi, nila, gurame, aligator, lele, mas dan lain sebagainya. Jika anda mempunyai anggaran lebih maka bisa digunakan semen sehingga dihasilkan kolam tembok.

Ukuran kolam ikan hias
Jenis dan banyaknya ikan menentukan ukuran kolam, sehingga ikan dapat hidup nyaman dikolam yang anda buat. Jadi perlu dihitung berapa kerapatan ikan, jangan sampai ikan terlalu banyak dan berdesakan di kolam sederhana yang sempit sehingga dapat mengakibatkan ikan mati. Sesuaikan juga jumlah ikan yang akan di pelihara dengan lahan pekarangan rumah yang anda punya. Karena kolam ikan hias mengutamakan estetika dan gaya supaya kolam terlihat indah dipandang mata.

Kedalaman kolam ikan
Untuk ikan hias berukuran kecil, maka kolam jangan dibuat terlalu dalam sekitar 30cm sudah cukup. Tetapi untuk ikan besar dan memerlukan gerak yang banyak di air seperti ikan mas, gurame dan lele bisa anda buat dengan kedalaman 70 cm. Berikan jarak sekitar 10cm dari rata air ke rata bibir kolam, supaya ikan tidak loncat ke luar kolam.

Tembok pinggir kolam
Terpal yang dipakai membuat kolam kemudian dihimpit keempat sisinya dengan batu bata, atur susunan batubata supaya terkesan rapih. Bisa juga anda gunakan semen untuk merapikan bagian luar bata merah tersebut. Variasi dinding dan hiasan ornamen bisa anda buat sesuai kenginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *