Tip Memilih Kandang Marmut Yang Sehat Dan Nyaman

Posted on
Marmut merupakan binatang yang mirip tikus dengan nama lain Guinea Pig ini, adalah Hewan Peliharaan atau pet yang cukup banyak peminatnya. Oleh karena itu kebutuhan akan Kandang Marmut pun mengalami peningkatan.

Bagi anda yang memiliki Hewan Peliharaan ini atau berminat memulai bisnis kandang marmut, sebaiknya memperhatikan beberapa hal, agar marmut yang anda pelihara nantinya sehat dan nyaman, berikut ini Tips Memilih Kandang Marmut Yang Sehat Dan Nyaman;

Ukuran Kandang
Walaupun marmut adalah hewan yang imut-imut, tapi jangan sampai anda memberikan padanya kandang yang imut juga. Ukuran kandang yang terlalu kecil akan membuat sang marmut stress dan gampang sakit. Idealnya, ukuran panjang minimal Kandang marmut adalah 0,5 meter persegi. Itu jika satu marmut saja yang anda pelihara. Jika lebih dari satu, maka sebaiknya ukuran kandang ditambah sekitar 10 cm persegi per satu marmut.

Mainan
Si kecil ini sangat gemar bermain. Oleh karena itu, usahakan memberikan beberapa buah mainan untuk marmut agar perkembangan kesehatannya tidak tergangu. Biasanya, mainan favorit untuk marmut adalah roda berputar, ia sangat senang berlomba lari dengan teman satu kandangnya. Mungkin seperti kucing yang senang bermain tulang atau berkelahi bersama temannya.

Bisa juga anda tambahkan beberapa bola kecil yang berisi kelintingan, ini juga sangat disukai oleh marmut. Ia akan dengan lucuna mengeja dan memainkan kelintingan itu setiap saat. Jika anda menaruh beberapa mainan di dalam kandannya, marmut akan asyik bermain dan anda dapat terhibur menyaksikan tingkah lucunya yang mengemaskan.

Kelengkapan Lainnya
Jagan lupa pula untuk memberikan tempat minum dan juga wadah sebagai tempat makan, Sebuah kotak kecil beratap tempat ia tidur juga perlu disediakan, agar marmut dapat bersembunyi jika sedang merasa takut. Dan yang terakhir, jangan lupa beri alas yang nyaman di dalam kandang marmut tersebut. Bisa berupa jerami, atau serbuk kayu yang lembut. Gunanya selain untuk menjaga suhu kandang agar tetap hangat, juga memudahkan anda saat membersihkan kotoran si marmut.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *