Tentang guinea pig atau tikus belanda ( marmut )

Posted on


Guinea pig atau tikus belanda yang biasa kita sebut sebagai marmut adalah salah satu hewan yang mirip dengan tikus dan hamster . Sebenarnya nama Indonesia yang benar itu adalah tikus belanda, namun sering salah disebut dengan marmut.


Meskipun bernama guinea pig , hewan ini tidak berasal dari jenis babi dan juga bukan berasal dari Guinea, namun mereka berasal dari Andes


Tikus belanda ini memainkan peran penting dalam kebudayaan dari adat di Amerika Selatan, terutama sebagai sumber makanan, sebagai obat obatan, bahkan juga dalam upacara keagamaan .


Dalam masyarakat barat, Tikus belanda ini termasuk hewan peliharaan yang populer karena keimutan, sifat jinak dan mudah tentang pakan.


Dalam bidang biologi , pada abad ke 17, mereka dijadikan sebagai “kelinci percobaan” namun sekarang telah diganti dengan tikus .




Sejarah


Tikus belanda ini sudah dipelihara sejak 5000 SM oleh suku suku di wilayah Andean di Amerika selatan . Dan juga sampai sekarang masih dijadikan makanan. (sekarang bagian selatan Kolombia, Ekuador, Peru, dan Bolivia) . Tikus ini digunakan sebagai sumber makanan dan juga sumber obat obatan oleh dokter pada saat itu
http://img146.imageshack.us/img146/5273/cuyguineapigdishsg.jpg



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *