PIROPILIT–Al2Si4O10(OH)2

Posted on

Mineral yang gambarnya tersaji dalam posting ini menurut Ketua Jurusan Fisika dan Program Studi Geofisika FMIPA–UB, Adi Susilo, Ph.D. adalah piropilit. Hal ini dikemukakan beliau ketika doktor lulusan sebuah perguruan tinggi Australia tersebut membimbing mahasiswanya dalam kuliah lapangan Geologi (tentang batuan dan mineral) di Kecamatan Sumbermanjing Kabupaten Malang yang baru lalu. Menurut http://www.tekmira. esdm.go.id dijelaskan bahwa piropilit adalah paduan dari alumunium silikat. Mineral yang termasuk piropilit adalah kianit, andalusit, dan diaspor. Sifat fisik dan kimia dari piropilit ini mirip dengan talk.

Roger Weller, seorang kurator yang sekaligus sebagai pengajar pada Cochise College, AS pada http://skywalker.cochise.edu memerinci sifat-sifta dari piropilit sebagai berikut:
Grup mineral: silikat
Susunan kimia: Al2Si4O10(OH)2
Sistem kristal: monoklin
Belahan: sempurna, belahan dalam satu arah
Kekerasan: 1 sampai 1,5
Berat jenis: 2,84
Kilap: mutiara di atas permukaan belahan, lemak atau kusam
Warna: putih, kuning pucat, coklat kemerahan
Gores/cerat: putih
Terdapatnya: dalam formasi andesit tua yang memiliki kontrol struktur dan intensitas ubahan hidrotermal kuat. Piropilit terbentuk pada zone ubahan argilik lanjut (hipogen) seperti kaolin, namun terbentuk pada temperatur tinggi dan pH asam (http://www.tekmira. esdm.go.id).
Persebarannya di Indonesia: pulau Sumatera, Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan pulau Sulawesi (http://www.tekmira. esdm.go.id). Untuk Provinsi Jawa Timur, salah satu tempat persebarannya adalah di Kecamatan Sumbermanjing Kabupaten Malang.
Kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari: untuk pakan ternak, industri kertas sebagai pengganti talk, dll (http://www.tekmira. esdm.go.id).

Keterangan gambar:
Dokumentasi pribadi dengan obyek yang diambil di daerah perbatasan antara Kecamatan Turen dan Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang.

Sumber:
– Adi Susilo penjelasan lisan pada kuliah lapangan di Kecamatan Sumbermanjing, Kab. Malang.
– Roger Weller pada http://skywalker.cochise.edu
– http://www.tekmira. esdm.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *