Penggunaan Insektisida & Desinfektan untuk Kandang Ayam

Posted on
Bolehkah saat pemeliharaan ayam selain menggunakan desinfektan juga disemprotkan insektisida ?
Salah satu faktor yang mempengaruhi kerja desinfektan berisi formaldehid adalah suhu lingkungan. Kapan waktu yang tepat untuk desinfeksi menggunakan desinfektan tersebut ?

Jawab

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi populasi bibit penyakit di lingkungan kandang yaitu dengan desinfeksi menggunakan desinfektan. Desinfeksi saat kandang kosong dapat dengan menggunakan Formades, Sporades atau Mediklin. Desinfektan tersebut dapat mengatasi bibit penyakit berupa bakteri, virus, jamur, atau spora. Sedangkan vektor (pembawa) penyakit seperti nyamuk, lalat, kumbang tidak dapat diatasi hanya dengan penyemprotan desinfektan, tetapi dengan insektisida. Penggunaan insektisida sebaiknya hanya saat kosong/istirahat kandang, karena jika dilakukan pada saat ada ayam dikhawatirkan dapat menyebabkan keracunan pada ayam.

Salah satu contoh desinfektan berisi formaldehid yaitu Formades. Desinfektan ini efektif bekerja pada suhu lingkungan yang hangat. Oleh karena itu sebaiknya desinfeksi menggunakan Formades dilakukan pada pukul 10.00-12.00 atau 15.00-17.00. Semprotkan Formades pada seluruh permukaan kandang, karena desinfektan akan bekerja optimal jika waktu kontak dengan bibit penyakit cukup. Dan perlu diingat desinfeksi menggunakan Formades tidak boleh dilakukan untuk kandang berisi ayam.

Info Medion Edisi Desember 2009

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *