Pengenalan aneka ragam konsumsi pangan non beras

Posted on

Pengenalan aneka ragam konsumsi pangan non beras

 

Badan ketahanan pangan dan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan (BKP dan P4K) kabupaten Rembang tahun ini mengadakan gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan (P2KP) di kecamatan Sale.

 

Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Balai Penyuluh Pertanian (BPP) kecamatan Sale Kustowo mengatakan, program gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan dilakukan bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam mengubah perilaku masyarakat untuk mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal. Seperti ketela, jagung dan umbi umbian yang banyak terdapat di sekitar desa.

Kustowo menambahkan agar lebih dikenal dimasyarakat luas, pihaknya terus mensosialisasikan aneka jenis pangan non beras. Hal tersebut di lakukan untuk mengantisipasi dari dampak yang di timbulkan dari berbagai faktor alam, seperti perubahan iklim yang dapat memicu munculnya hama dan penyakit yang menyebabkan kegagalan panen padi. Disamping itu tingkat konsumsi beras cukup tinggi mencapai 139 kg/kapita/tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *