Pembinaan sikap jujur dan selalu ingin maju

Posted on
Cara-cara menumbuhkan makna kejujuran dan tanggung jawab dalam diri seorang wirausahawan adalah sebagai berikut:
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
sebagai mahluk ciptaan Allah SWT, kita semua wajib bertakwa kepada-Nya. Menjalankan semua perintah-Nya dan  menjauhi segala larangan-Nya, segala perbuatan yang kita lakukan selalu dilihat oleh Allah swt. Oleh karena itu, hendaknya  kita senantiasa berbuat dan berkata jujur. Orang jujur pasti disayang oleh Allah swt. Allah akan memberikan pahala, kemudahan dalam berusaha dan mencari rezeki, serta ketenangan lahir dan batin karena tidak melakukan tipu daya kepada orang lain.Seorang wirausahawan yang ingin berbuat jujur, maka hendaknya ia menanamkan niat dalam hatinya bahwa ia akan selalu jujur dalam segala tingkah lakunya. Sebagai contoh: tidak mengatakan kepada konsumen bahwa produk yang ia tawarkan berkualitas tinggi dan terjamin mutunya, padahal yang ia juak hanyalah produk tiruan dan barangnya pun imitasi. Atau bisa juga, menjual produk aau pelayanan jasa dengan harga sangat tinggi.
b. Melatih disiplin diri
 Salah satu cara menumbuhkan kejujuran dan tanggung jawab dapat dilakukan melalui melatih disiplin diri dan pembinaan kepribadian. Dengan latihan disiplin diri, maka akan kita peroleh banyak manfaat, ketenangan berfikir, ketabahan, keuletan, dan keteraturan tingkah laku, serta tidak mudah menyerah dalam berusaha.
Latihan disiplin diri dapat dilakukan dengan cara:.
1. Membatasi keinginan-keinginan kita terutama keinginan yang sifatnya negatif.
2. Melatih daya kemauan kita agar menjadi lebih kuat.
3. Berorientasi kepada tujuan dan kebutuhan hidup.
3.Sifat selalu ingin maju
Sifat selalu ingi maju   aka membuat seoran wirausaawa mudah mencapai keberhasilan dalam usahanya. Ia akan selalu didorong untuk senantiasa berkreasi, berinovasi dan selalu memperbaiki produknya agar produk atau jasanya diminati oleh konsumen. Sifat selalu ingin maju me4mbuat seorang wirausahawan tidak hanya jalan di tempat tanpa ada perubahan sama sekali  dalam hidup dan bisnis yang ia lakukan.
Dalam bukunya yang berjudul First Things First, Stephencovly mengungkapkan empat isi perihal yang dimiliki manusia untuk maju yaitu:
a. Self awareness adalah sikap mawas diri
b. Couscience adalah mempertajam suara hati, upaya menjadi manusia berkehendak baik seraya memunculkan keunikan serta memiliki misi dalam hidup.
c. Independent will adalah pandangan independen untuk bertindak dan berkelakuan.
d. Creative imagination adalah berpikir dan mengarah kedepan untuk memecahkan masalah dengan imajinasi, khayalan  serta adaptasi yang tepat.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *