Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat

Posted on

Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat

Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) merupakan program pemberdayaan yang difokuskan pada kesempatan kerja dan kesejahteraan bagi petambak garam melalui sistem bottom up. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) Kabupaten Rembang Ir Suparman dalam paparannya ketika menerima kunjungan Dirjen Kelautan Pesisir dan pulau-pulau kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr Sudirman Saad SH Mhum, diruang rapat Bupati Rembang, hari Kamis..

Suparman menjelaskan PUGAR dilaksanakan dalam rangka menanggulangi kemiskinan bagi para petambak garam, peningkatan produksi dan kualitas produk garam. Dengan tujuan mendukung program swasembada garam nasional. Mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan sumberdaya berbasis pemberdayaan masyarakat. Memperkuat kapasitas SDM masyarakat pesisir, kelembagaan dan stakeholder.


Ia menambahkan sasaran PUGAR di Kabupaten Rembang adalah Petambak garam rakyat yang terorganisir dalam bentuk Kelompok Usaha Garam Rakyat (KUGAR) di 5 kecamatan (Kaliori, Rembang, Lasem, Sluke dan Sarang).

 

Menurutnya luas lahan yang termasuk dalam kegiatan PUGAR adalah 1607,37 hektar yang terdiri dari 100 kelompok. Tiap kelompok mendapat Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sesuai dengan luas lahan dan kebutuhan kelompok. Sedangkan Untuk Kabupaten Rembang mendapat BLM dari PUGAR sebesar Rp 4 Miliar.

 

Suparman berharap keberlanjutan kegiatan PUGAR untuk tahun-tahun berikutnya, sehingga dapat mencakup seluruh petani garam di Kabupaten Rembang.

 

Sementara itu Dirjen Kelautan Pesisir dan pulau-pulau kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr Sudirman Saad SH Mhum mengatakan latar belakang PUGAR adalah program pemerintah yaitu Swasembada garam konsumsi pada tahun 2012 dan garam industri 2014.

 

Dijelaskan PUGAR dilaksanakan di 40 Kabupaten/Kota pada 10 Provinsi dengan anggaran 90 Milyar. Melalui PUGAR, produktifitas lahan garam akan ditingkatkan dari 60 Ton/Ha menjadi 80 Ton/Ha dengan Penambahan Target Produksi sebanyak 349.200 Ton. Diharapkan PUGAR akan meningkatkan pendapatan petambak garam rakyat sebesar 15%. Untuk Kabupaten Rembang diharapkan produksi meningkat menjadi 250 ribu ton dengan kualitas garam yang jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *