Pelatihan TPK dan KPMD

Posted on

Pelatihan TPK dan KPMD

Kader Pemberdayaan Masyaraakat Desa (KPMD) dan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dari 27 desa di kecamatan Kragan, baru- baru ini mengikuti pelatihan KPMD dan TPK di pendopo kecamatan Kragan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MP), di laksanakan selama 2 hari dengan materi kebijakan PNPM-MP, tehnik fasilitasi, peran partisipatif dari masyarakat, dan di hari terakhir diisi dengan praktek pembuatan desain, RAB dan pengisian map 7.


Penanggung Jawab operasional Kecamatan (PJOK) Kecamatan kragan Ismoyo menerangkan, pelatihan KPMD dan TPK desa, bertujuan agar KPMD bisa mengerti tentang kebijakan terbaru dalam PNPM-MP tahun 2011. Disamping itu anggota bisa menguasai tehnik memfasilitasi masyarakat dalam program yang akan dilakukan dan penyusunan map 7 secara baik dan benar.

 

Ismoyo menambahkan pelatihan akan terus di laksanakan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah di tentukan, agar PNPMMP bisa berjalan berkesinambungan, bila ada persoalan dan masalah di tingakt PNPMMP yang ada di desa, hendaknya diselesaikan dengan baik dan mengikuti prosedur yang telah di tentukan.

 

Kecamatan Kragan pada program PNPM-MP tahun 2011 mendapat kucuran dana sebesar 3 milyar yang di peruntukkan bagi pengembangan fisik dan SPP di desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *