PELATIHAN PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK DAN OPEN SOURCE SOFWARE

Posted on

PELATIHAN PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK DAN OPEN SOURCE SOFWARE

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten HSS mengadakan pelatihan pemanfaatan perangkat lunak dan open soource software bagi operator komputer di lingkungan pemkab HSS. Sekda HSS Drs. HA Fikry, M.AP membuka secara resmi pelatihan tersebut pada Senin (13/6) yang berlangsung di gedung kesenian.

Sebanyak 91 orang mengikuti kegiatan tersebut, yang dibagi menjadi tiga angkatan, dimana setiap angkatan mengikuti pelatihan masing-masing selama dua hari. Materi yang disajikan diantarannya pengenalan pemanfaatan perangkat lunak legal dan open source software, mengenal linux sebagai sistem operasi source, partisi, instalasi dan trouble shooting linux, perintah dasar desktop dan administrasi sistem linux serta pengenalan open serta internet.

Kegiatan tersebut bertujuan memantapkan pemahaman akan manfaat teknologi informasi dan komunikasi melalui penggunaan aplikasi perangkat lunak berlisensi bebas dan legal dalam melakukan tugas di unit SKPD masing-masing. Pasalnya paling lambat tanggal 31 Desember 2011 seluruh instansi pemerintah sudah menerapkan penggunaan perangkat lunak legal, sebagai langkah untuk menciptakan percepatan good governance, efisiensi, dan akuntabilitas publik.

Metode pelatihan akan berlangsung dengan cara penyampaian materi, diskusi dan praktek dengan tempat pelaksanaan di aula rapat DISHUBKOMINFO.

Bupati HSS dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Sekda HSS, menyambut baik dengan adanya pelatihan tersebut. Pasalnya perkembangan teknologi informaSi di era globalisasi saat ini perlu dipelajari dan ditingkatkan pemahamannya mengingat manfaatnya untuk mewujudkan good governance. Lebih lanjut Bupati menjelaskan sebagai tindak lanjut deklarasi program nasional Indonesia go open source yang ditandatangani lima menteri pada 30 Juni 2004 lalu, maka operaional pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah membutuhkan usaha dan kerja keras dari semua pihak.(iras_hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *