Pelatihan Okulasi dan Sambung pucuk

Posted on

Pelatihan Okulasi dan Sambung pucuk

Kelompok wanita Tani Krida Sari Tani Kecamatan Sluke kemarin mendapat pelatihan dari Balai Penyuluhan Kecamatan (BPP) kecamatan Sluke tentang okulasi dan sambung pucuk pada tanaman buah mangga, Kelengkeng dan Jambu. Pelatihan di gelar di aula BPP Kecamatan sluke di ikuti 40 anggota kelompok Krida Sari Tani.

Koordinator BPP Kecamatan Sluke Marsam menjelaskan, pelatihan di maksudkan untuk memberikan pengetahuan bagi kelompok tani cara okulasi dan sambung pucuk dan mencangkok, serta memperbanyak dan perbaikan tanaman dalam mempercepat tumbuh kembang tanaman.

 

Ada banyak manfaat yang bisa di ambil dalam pelatihan ini karena petani bisa mendapat benih unggul yang di pilih seperti pohon mangga, kelengkeng dan jambu, karena hanya membutuhkan waktu 2,5 bulan untuk mencangkok, sambung pucuk 2 bulan, sambung samping 3,5 bulan dan okulasi hanya butuh waktu 2 bulan tanaman sudah siap untuk di tanam.

 

Ketua kelompok wanita tani Krida Sari Tani Maslikah menjelaskan akan terus memotivasi untuk mengikuti pelatihan agar anggota kelompok wanita tani yang di pimpinnya bisa menyerap sebanyak mungkin ketrampilan dalam bidang pertanian, sehingga bisa menangkap peluang usaha dalam bidang pertanian, dengan demikian pendapatan kelompok wanita tani bisa meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *