Cara Memaster Serta Masteran Yang Bagus Untuk Burung Cucak Hijau

Posted on

Nyanyian atau kicauan burung cucak hijau merupakan hal yang paling penting dalam penilaian perlombaan burung berkicau.

Karena memang, daya tarik yang paling utama dari seekor burung berkicau adalah dari kemampuannya dalam berkicau.

Memilih suara untuk dijadikan master atau memaster burung cucak hijau jangan hanya berfokus pada suara yang bagus maupun unik untuk dijadikan masteran.

Cara Memaster Serta Masteran Yang Bagus Untuk Cucak Hijau

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memaster burung cucak hijau, meliputi:

Keselarasan irama dari kicauan antara burung untuk master dengan suara burung cucak hijau yang akan dimaster.
Mengikuti trend yang sudah ada. Contohnya, burung cucak hijau kita masterkan dengan burung yang memiliki suara tembakan seperti burung prenjak putih maupun prenjak emas yang saat ini memang sedang ngetrend. Selain itu, trend saat ini adalah suara kicauan yang memiliki speed yang rapat dan panjang seperti kicauan burung kenari.
Banyak variasi suara. Burung cucak hijau tidak hanya memiliki suara yang keras serta menonjol, namun diharuskan untuk memiliki berbagai variasi suara dengan kecepatan yang juga bervariasi.

Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan dalam proses memaster burung cucak hijau. Selain itu banyak juga mitos yang berkembang di masyarakat tentang memaster burung khususnya burung cucak hijau.

Salah satu mitos yang ada di masyarakat adalah burung cucak hijau yang akan dimaster harus melihat burung masternya, agar burung cucak hijau dapat menirukan suara, gaya serta bagaimana cara berkicau burung master tersebut.

Burung Cucak HijauSelain itu ada juga mitos yang menyebutkan bahwa burung cucak hijau hanya dapat dimaster saat dalam proses mabung. Padahal, tidak perlu menunggu sampai burung cucak hijau mabung dulu untuk dimaster. Semua burung, khususnya burung cucak hijau juga dapat di master dalam keadaan normal maupun burung dalam kondisi puncak.

Alasan dari menunggu burung cucak hijau dalam proses mabung, adalah burung dalam kondisi tenang serta lebih banyak diam sehingga jarang untuk berkicau. Burung yang lebih banyak diam serta dapat berkonsentrasi dalam mendengarkan suara-suara yang ada disekitarnya.

Bila suara yang ada disekitarnya sesuai atau selaras dengan tipe suara yang dimiliki oleh burung cucak hijau yang anda pelihara, maka suara tersebut akan direkam serta ditiru secara langsung.

Selain itu, akan lebih baik untuk memperdengarkan suara masteran secara berkalapada burung cucak hijau yang kita pelihara. Cara seperti ini bertujuan agar suara yang sudah terrekam tidak hilang serta tidak menjadi rusak.

Untuk memaster burung berkicau khususnya burung cucak hijau ada dua macam cara, yaitu dengan cara memperdengarkan suara melalui handphone atau mp3 serta dengan cara menggabungkan burung cucak hijau dengan burung lainnya yang sudah gacor.

Beberapa jenis burung yang bisa kita jadikan masteran untuk burung cucak hijau, meliputi:

Lovebird

Suara burung lovebird, terlebih lagi burung lovebird yang sudah gacor serta ngekek panjang akan bagus sekali untuk dijadikan masteran. Suara burung lovebird cenderung berupa tembakan yang kasar dengan volume serta power yang kuat. Bagus sekali untuk dijadikan master burung cucak hijau.

Burung cucak hijau yang bisa menirukan dencingan serta suara dan tembakan yang ngekek panjang, akan memiliki nilai lebih karena kebanyakan juri-juri di lomba burung berkicau suka dengan suara seperti ini.

Anda bisa memaster burung cucak hijau dengan cara menggantang burung cucak hijau dekat dengan burung lovebird. Cara seperti bertujuan agar burung cucak hijau dapat merekam suara yang dihasilnya oleh burung lovebird.

Cucak jenggot

Cucak jenggot memiliki karakter suara yang keras serta kasar. Tujuan memaster burung cucak hijau dengan burung cucak jenggot adalah mengambil atau mengadopsi suara besetan yang keras dan lantang khas cucak jenggot.

Namun, cara untuk memaster biasanya jangan didekatkan secara langsung dengan burung cucak jenggot, karena bisa-bisa burung cucak hijau menjadi takut dan malah tidak mau berbunyi. Pisahkan atau letakkan agak berjauhan burung cucak hijau dengan cucak jenggot.

Sikatan

Alternatif lain, anda bisa memaster burung cucak hijau dengan burung sikatan. Burung sikatan juga memiliki suara besetan yang cukup keras. Namun tetap saja dari segi volume masih kalah dengan cucak jenggot.

Cililin

Cililin memiliki karakter suara yang keras serta melengking panjang. Bila suara burung cililin dijadikan masteran untuk burung cucak hijau akan dapat menambah variasi suara yang dimiliki oleh burung cucak hijau.

Untuk memaster burung cucak hijau dengan cililin sebaiknya jangan diletakkan terlalu dekat, sama seperti cara memaster dengan burung cucak jenggot.

Prenjak

Burung prenjak memiliki suara tembakan yang panjang serta rapat atau sering disebut ngebren. Untuk cara memaster burung cucak hijau dengan burung prenjak, sebaiknya jangan digantung secara berdekatan. Sebaiknya gantungkan agak berjauhan.

Kenari

Karakter suara burung kenari yang panjang, cepat serta harmonis juga dapat dijadikan isian yang bagus untuk burung cucak hijau. Cucak hijau yang dimaster dengan burung kenari akan mengeluarkan suara yang panjang alias ngerol. Untuk memaster burung cucak hijau dengan burung kenari cukup dekatkan saja sangkar burung cucak hijau dengan burung kenari yang sudah ngerol.

Burung gereja tarung

Suara dari burung gereja tarung merupakan suara isian yang sangat disukai oleh burung berkicau. Suara burung gereja tarung merupakan kombinasi anatara suara yang ribut dengan speed yang rapat sekali. Suara seperti ini akan menjadi suatu kombinasi yang harmonis antara suara yang panjang dengan speed yang rapat. Suara seperti ini akan memberikan nilai tambah pada burung cucak hijau kesayangan anda di arena lomba.

Jalak suren

Jalak suren memiliki suara yang kasar, keras, serta memiliki banyak variasi suara. Jika suara dari jalak suren ini terekam dalam otak burung cucak hijau kesayangan anda, maka burung cucak hijau anda akan menjadi lebih bagus lagi variasi kicauannya.

Pancawarna

Burung pancawarna memiliki suara kicauan yang monoton namun sangat khas serta harmonis. Suara kicauan burung pancawarna sangat selaras dengan karakter suara yang dimiliki oleh burung cucak hijau. Cara memaster burung cucak hijau dengan burung pancawarna yang baik adalah dengan cara menggantang burung cucak hijau agak berjauhan dengan burung pancawarna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *