Kata Bijak Abu Bakar Assidiq

Posted on

Kata mutiara bijak dari seorang sahabat istimewa Rasulullah saw. yaitu Abu Bakar Assidiq ra. moga menambah kecintaan kita kepada Allah swt. Keshalihan, pengorbanan, kezuhudan dan ketakwaan Abu Bakar Assidiq ra. telah memenuhi lembar sejarah hidupnya, sehingga kita harus mencontoh kehidupan beliau yang penuh berkah tersebut. Kata bijak Abu Bakar Assidiq ra. dapat anda simak dibawah ini :

Waspadalah terhadap kebanggaan, sebab kalian akan kembali ke tanah dan tubuhmu akan dimakan oleh cacing.

Empat hal yang kesempurnaannya hanya mungkin diwujudkan dengan empat yang lainnya. Shalat akan menjadi sempurna dengan dua sujud sahwi, puasa akan menjadi sempurna dengan zakat fithrah, haji akan menjadi sempurna dengan fidyah, iman akan menjadi sempurna dengan jihad.

Tidak ada manfaat dari uang jika tidak dibelanjakan di jalan Allah. Tidak ada kebaikan dalam diri seseorang jika kebodohannya mengalahkan kesabarannya. Dan jika seseorang tertarik dengan pesona dunianya yang rendah, Allah swt tidak akan ridha kepadanya selama dia masih menyimpan hal itu dalam hatinya.

Tiga hal yang tidak mungkin dapat diwujudkan dengan tiga hal lainnya, kekayaan dengan berangan-angan, keremajaan dengan imitasi (disemir), dan kesehatan dengan obat-obatan.

Ketika beliau dipuji oleh orang-orang maka beliau akan berdo’a, “Ya Allah, Engkau mengenalku lebih baik dari diriku sendiri, dan aku lebih mengenal diriku daripada orang-orang yang memujiku. Jadikanlah aku lebih baik daripada yang dipikirkan oleh orang-orang ini mengenai diriku, maafkanlah dosa-dosaku yang tidak mereka ketahui, dan janganlah jadikan aku bertanggung jawab atas apa yang mereka katakan.

Orang yang masuk ke liang lahad tanpa bekal sama dengan berlayar di laut tanpa kapal.

Delapan hal yang merupakan hiasan bagi delapan hal yang lain, yaitu iffah perhiasan kefakiran, syukur perhiasan ni’mat, sabar perhiasan ujian, santun perhiasan ilmu, redah hati perhiasan pelajar, banyak menangis perhiasan takut kepada ALLAH, meninggalkan keni’matan duniawi perhiasan ihsan, dan khusyu perhiasan Shalat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *