Ide Bisnis | Dan Tips Sukses Fun Pao, Bakpao Unik Aneka Rasa

Posted on

Pernah melihat bakpao berbentuk kepiting atau bunga? Anda pasti penasaran kan? Tak hanya bentuknya yang lucu, bakpao ini pun berwarna-warni. Bakpao yang diberi nama fun pao ini merupakan kreasi dari Bogasari. Pengunjung Bogasari Expo banyak yang mengerumuni dapur mini di area Boga Kitchen untuk melihat proses pembuatan fun pao.

Fun Pao memang menjadi fokus utama dalam acara Bogasari Expo karena sedang menjadi tren dan pasarnya potensial untuk dikembangkan. Berbahan dasar tepung, fun pao menjalani tahap pembuatan yang sama seperti bakpao pada umumnya. Hanya saja variasi isinya sangat beragam, mulai dari isian kacang merah, kacang hijau, keju, ayam, daging, dan masih banyak lainnya. Isian fun pao tidak hanya kaya di dalamnya, tapi juga memiliki topping yang beraneka, seperti keju. Belum lagi bentuk dan ukurannya yang sangat variatif.

Cara membuat fun pao sama seperti bakpao lainnya. Bahan dasarnya sama-sama tepung terigu. Campurlah tepung terigu, gula, dan telur hingga adonan halus. Setelah itu, adonan dibentuk bulat dengan berat lebih kurang 60 gram lalu diisi serta dibentuk sesuai selera. Diamkan satu jam hingga mengembang, lalu kukus selama 20 menit.

Isinya bisa bervariasi, mulai dari isian kacang merah, kacang hijau, keju, ayam, daging, dan masih banyak lainnya. Ada pula bakpao yang dimakan dengan taburan keju di atasnya. Tidak hanya bentuk, ukurannya pun berbeda-beda.

Fan pao ini sangat awet walaupun tanpa bahan pengawet. Bakpao jenis ini bisa awet untuk waktu 1 hingga 2 minggu, tergantung cara penyimpanannya. Supaya tetap awet, proses pemasakan dan penghidangannya pun berbeda dengan bakpao pada umumnya. Adonan fun pao yang sudah diberi warna dan dibentuk, dimasukkan ke dalam dandang kukusan. Setelah dikukus, fun pao harus disimpan di lemari es. Jika Anda ingin memakan atau menghidangkannya, Anda hanya perlu mengeluarkannya dari lemari es dan mengukusnya kembali. Jika terlalu lama disimpan di lemari es, fun pao akan mengeras. Bila hal ini terjadi, keluarkanlah fun pao dari lemari es dan diamkan sebentar sampai agak melembut, baru dikukus lagi. (*/Nilam/Kompas)

Sumber : ciputraentreprenuerchip.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *