Ide Bisnis | Bisnis Batu Bata dari Kotoran Sapi

Posted on

Sudah jamak mendengarkan penggunaan kotoran sapi sebagai pupuk kandang atau pupuk organik. Yang satu ini lebih unik karena menggunakan limbah organik tersebut untuk  diolah lebih lanjut menjadi batu bata.

Sebuah perusahaan baru di Indonesia  bernama EcoFaeBrick merealisasikan gagasan unik tersebut. Perusahaan ini merupakan sebuah usaha yang didirikan pada tahun 2009. Misi yang diusung ialah memberikan sebuah solusi bernilai ekonomi tinggi dari masalah laten sampah di sekitar daerah pertanian.

EcoFaeBrick menawarkan sebuah produk bernilai tinggi dalam bentuk batu bata yang menggunakan teknologi yang lebih efektif daripada batu bata konvensional dari tanah liat. Dalam pembuatannya, diterapkan sebuah proses yang lebih ramah lingkungan sehingga dampak kerusakan lingkungan juga lebih minim.

Keunikan produk batu bata EcoFaeBrick ialah bentuk, warna dan tekstur permukaannya yang sama persis dengan batu bata konvensional dari tanah liat. Dan yang pasti, tidak berbau kotoran sapi! Berikut ialah beberapa kelebihan batu bata merek EcoFaeBrick:
* Beratnya lebih ringan 20% dari batubata tanah liat.
* Kekuatannya lebih tinggi 20% dari batubata tanah liat.
* Biaya struktural pembuatan yang lebih rendah.
* Meski dari kotoran sapi, EcoFaeBrick aman bagi kesehatan.
* Membantu menekan emisi karbon dalam pembuatannya karena menggunakan energi biogas tidak menggunakan kayu bakar untuk proses pengeringannya.
* Mencegah perusakan lahan yang semestinya untuk pertanian akibat penggalian tanah liat untuk bahan baku batu bata

EcoFaeBrick didirikan karena keprihatinan  mengenai masalah kotoran sapi di daerah pertanian yang sukar ditangani. Dari sinilah solusi ekonomis dan ekologis batu bata ramah lingkungan ini digulirkan. Dan yang paling membanggakan EcoFaeBrick dioperasikan sepenuhnya oleh anak-anak muda Indonesia!

Sumber : ciputraentreprenuerchip.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *