Gula Kalapa Secara Alami Memang Sehat, Apalagi Dibudidayakan Secara Organik!

Posted on

Gula Kalapa Secara Alami Memang Sehat, Apalagi Dibudidayakan Secara Organik!

Gula jawa sudah secara turun temurun digunakan sebagai pemanis sehat sejak jaman nenek moyang kita. Tak heran mereka lebih sehat dan panjang umur dibandingkan kebanyakan orang saat ini yang beralih ke gula “tidak sehat”. Pertanyaannya, kenapa gula gula jawa masuk kategori sehat?

Komposisi Gula
Berbeda dengan gula tebu yang hanya mengandung sederhana, gula jawa mengandung gula sederhana dan gula komplek. Komposisi gula komplek pada gula jawa mencapai sekitar 85% dan gula sederhana sekitar 5% (glukosa dan fruktosa, atau gula invert).

Ini berarti hanya 5% saja gula yang akan langsung terserat tubuh dan menjadi gula darah. Sisanya, gula komplek akan terurai menjadi gula sederhana dahulu untuk kemudian dapat diserap tubuh. Hal inilah salah satu alasan yang membuat gula jawa masuk kategori sehat.

Indeks Glikemik
Komposisi kimia yang seperti penjelasan diatas membuat indeks glikemik gula jawa sangat rendah, yaitu nilainya 35. Nilai ini berbeda dengan nilai indeks glikemik gula aren yang nilainya setara dengan indeks glikemik gula tebu.

Indeks glikemik adalah skala angka untuk memprediksi kemungkinan zat makanan tersebut dapat mendongkrak gula darah. Semakin rendah nilainya, maka zat makanan tersbeut dikatgorisasikan sebagai makanan aman dikonsumsi harian.

Predikat Organik
Budidaya pertanian organik telah “membersihkan” beberapa “kontaminan-kontaminan” yang adalah baik dalam tanaman itu sendiri juga dalam produk yang dihasilkan. Kontaminan dimaksud antara lain adalah hormon buatan, zat pengatur tumbuh buatan, pupuk kimiawi, pestisida dan senyawa-senyawa anorganik lainnya. Juga perlakuan rekayasa genetik diduga memberi kontribusi “kontaminan” tersebut.

Gula pasir merah organik merk Javasugar 100% terbuat dari nira kelapa hasil budidaya pertanian organik, sehingga produk ini menjadi pemanis paling aman saat ini. Gula jawa (gula yang benar-benar dari pulau Jawa) saat ini menjadi gula paling favorit di Amerika dan Eropa (ekspor dari Indonesia). Apakah anda masih mau mencari-cari pemanis lain yang mereka saja sudah tinggalkan?

Sumber : http://gulapasirmerah.com/gula-kalapa-secara-alami-memang-sehat-apalagi-dibudidayakan-secara-organik.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *