FOSIL KAYU

Posted on

Batuan sedimen merupakan batuan yang kaya fosil. Fosil yang menjadi bahan posting kali ini adalah fosil kayu. Lebih tepatnya adalah batang atau bahkan mungkin ranting dari suatu pohon. Fosil kayu ini ditemuka dalam lapisan batuan kapur di wilayah Malang Selatan. Penulis tidak tahu pasti jenis pohon atau kayu yang memfosil tersebut. Sekilas fosil tersebut seperti fosil kayu jati yang memang banyak tumbuh di wilayah tersebut. Diameter batangnya 6cm dan panjangnya 20cm. Pada bagian kulitnya nampak telah berubah menjadi krital kapur yang relatif hampir sempurna seperti kalsit. Sedang bagian tengahnya sekilas nampak menghitam. Fosil ini relatif berat.

Dalam sebuah acara televisi, penulis pernah menyaksikan tayangan tentang perburuan fosil kayu. Ada tiga pihak yang terlibat berkaitan dengan fosil yang satu ini. Pihak pertama adalah orang-orang yang berprofesi sebagai sebagai pemburu fosil. Pihak kedua adalah para pengepul yang sekaligus sebagai pedagang fosil. Sedangkan pihak ketiga adalah para pembeli yang sekaligus sebagai kolektor fosil. Hanya biasanya mereka cendurung mencari fosil kayu yang ukurannya relatif besar.

Dalam mencari fosil biasanya para pemburu membentuk kelompok yang satu kelompoknya terdiri dari sekitar 5–10orang anggota. Berbekal pengalaman, mereka akan mencari tempat-tempat yang dicuriagai mengandung fosil. Setelah menemukan tempat yang diduga mengandung fosil yang dimaksud, maka penggalian dimulai. Tidak jarang mereka menemukan fosil pangkal batang suatu pohon beserta akar-akarnya. Jika sudah tergali, mereka akan menaikkan ke atas galian. Kalau keadaan medannya memungkinkan, dalam menaikkan fosil tersebut para pemburu fosil menggunakan derek atau katrol. Tetapi kalau medannya sulit, terpaksa menggunakan tenaga manual. Fosil diangkat beramai-ramai menggunakan tali dan peralatan sederhana. Jika fosil kayu tersebut ukurannya besar dan ditambah bentuknya indah, serta fosilnya relatif utuh, maka fosil tersebut akan laku dengan harga tinggi. Kisaran harganya antara puluhan sampai ratusan juta rupiah. Ada yang berminat?

0 thoughts on “FOSIL KAYU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *