cara perawatan rantai motor

Posted on
Rantai motor merupakan komponen yang tidak boleh lepas dari perawatan. Karena rantai ini sangat memepengaruhi  terhadap performa dari motor. Jika kondisi rantai sudah tidak bagus maka tenaga motor juga berkurang. Sehingga kita harus tahu cara merawat rantai motor agar masa umur rantai awet dan selalu baik. Berikut adlahh cara merawat ranati motor.

cara merawat Biasa/ orang awam:
1. Ketegangan rantai minimal 2cm, maksimal 3,5cm
2. bersihkan kotoran dari tanah maupun kerikil yang menempel di rantai
3. bila terkena air hujan atau setelah mencuci segera semprot dengan oli semprot khusus rantai,

sampai saat ini baru oli semprot lah yang cocok untuk melumasi rantai, sedangkan gemuk titanium sudah tidak bagus diterapkan karena mudah ditempeli debu yang mengakibatkan seretnya pin-pin rantai.

Cara merawat yang tidak biasa, namun jauh lebih baik dari cara normal :
1. kalau rantai udah oblak-oblek dan otak-otek, sebaiknya dilepas saja, kemudian pasang lagi secara posisi terbalik, karena posisi terbalik rantai ini masih bagus dan belum kemakan gear belakang. TAPI INGAT, klip pengoci arah pantatnya harus menghadap arus putaran rantai, jangan ikutan dibalik!
2. sebaiknya lakukan secara rutin dua bulan sekali membalik rantai, supaya rantai tidak mudah rusak
3. kalau gear udah miring-miring atau tajem-tajem, sebaiknya dilepas saja, kemudian dipasang lagi dengan cara membalik sisinya, yang tadinya sisi luar berubah menjadi sisi dalam.
4. sebaiknya lakukan pemindahan gear ini setiap 3 bulan sekali.

yang tidak boleh dilakukan terhadap rantai:
1. dilumasi dengan oli bekas. (oli bekas mengandung gram dan senyawa karbon yang berdampak buruk pada elemen fe/besi)
2. terkena bensin, bisa bikin kering rantai
3. terkena oli samping, oli samping malah bikin bersih rantai, bukanny melumasi
4. terkena air accu zuur, bisa korosi
3. terlalu kendur rantai bisa lepas, terlalu kencang rantai bisa putus

bila rantai dah kendur banget dan kaku atau kita sebut RANTAI RUSAK, ada cara perbaikannya, bisa pakai lagi cukuplah sampai abis gajian baru beli gantinya.
caranya:
cuci rantai dengan deterjen sampai bersih dan rebus OLI FILTRASI pada wajan, bila mendidih maka cemplungin rantai yang telah dicuci tadi ke wajan berisi oli mendidih tersebut selama…. paling lama 30 menit. cara ini disebut re-forged, dan cara ini juga dipakai oleh pabrik untuk melumasi rantai sebelum dipaking dan dikemas.

Demikian perawatan rantai yang baik, coba selalu melakukan perawatan pada motor anda secara berkala agar motor anda selalu baik performanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *