Cara Menjaga Kualitas Air Kolam Ikan

Posted on

Cara Menjaga Kualitas Air Kolam Ikan

Kualitas air kolam haruslah dijaga dengan baik agar pertumbuhan ikan peliharaan bisa maksimal. Air merupakan habitat bagi kelangsungan hidup ikan air tawar, jika habitatnya baik maka ikan pun akan tumbuh dan berkembang dengan baik pula.Ada banyak faktor yg mempengaruhi kualitas air kolam, namun yg terpenting harus dijaga yaitu keadaan suhu serta kadar oksigen.

 

Suhu air sangat berpengaruh terhadap kondisi nafsu makan dari ikan-ikan yg hidup didalamnya. ketidak-stabilan dan ketidak-cocokan suhu air kolam menyebabkan terganggunya nafsu makan ikan sehingga pakan yg telah diberikan banyak yg tidak termakan. Sisa-sisa pakan yg  masih terdapat di air kolam lama kelamaan akan membusuk & menghasilkan senyawa beracun. Akibat dari reaksi pembusukan ini bisa menyebabkan kadar Oksigen menurun. Jika air kolam kekurangan Oksigen maka ikan-ikan akan menjadi lemas dan hilang nafsu makan. Apalagi jika penghuninya terlalu padat.Untuk itu untuk kita harus menjaga kualitas air kolam agar pertumbuhan dan perkembangan ikan bisa maksimal dengan cara:

  • Menjaga kestabilan suhu air
  • Menjaga agar ikan-ikan yg berada dalam suatu kolam jangan terlalu padat
  • Diberikan obat perangsang nafsu makan ikan serta cara Pemberian|Penggunaan Pakan Ikan Buatan dgn Baik dan Benar agar tidak banyak sisa pakan yg membusuk
  • Diperlukan Usaha Mencegah Penurunan Kadar Oksigen dalam Air Kolam
  • Mengetahui cara menjaga perubahan kadar pH air kolam ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *