Cara Efektif Mengelola Perpustakaan Sekolah

Posted on

Perpustakaan merupakan bagian penting dalam proses mencari ilmu, karena disanalah tempat berkumpulnya catatan dari berbagai disiplin ilmu yang telah ditulis oleh para ahli. Apabila kita memanfaatkannya secara maksimal maka kita akan banyak mendapatkan manfaat dari adanya perpustakaan di sekolah. Cara efektif mengelola perpustakaaan sekolah yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:

Buat pendataan buku perpustakaan
Berapa banyak buku yang tersedia, berapa banyak yang sudah rusak, berapa banyak buku yang perlu adanya pembaharuan dan sebagainya. Kegiatan ini merupakan awal yang penting dalam mengelola perpustakaan. Pendataan dapat memakai cara penomeran dan ditempel di buku yang terdata tersebut. Kemudian data dikumpulkan dalam buku besar atau dimasukan kedalam data base komputer, sehingga mudah dalam pencarian dan pengelolaan buku.

Pengelompokan atas dasar kategori buku
Buku dapat dikelompokan dalam beberapa kategori, misalnya kategori ilmu alam dan kategori ilmu sosial. Andapun dapat juga mengelompokan berdasarkan kelas atau tahun pembuatan. Maksud dari pengelompokan ini adalah untuk memudahkan dalam pendataan ulang dan mengecek tentang keberadaan sebuah buku perpustakaan.

Menata tampilan lemari buku
Lemari dan rak buku yang tertata rapih akan memudahkan dalam pengelolaan. Selain itu dengan kerapihan di rak buku akan memudahkan pengunjung perpustakaan sekolah mencarai buku yang sesuai dengan minat dan keperluan para siswa.

Membuat prosedur yang mudah dan jelas
Prsedur peminjaman buku perlu ditata rapih sehingga memudahkan siswa yang akan meminjam buku dengan tetap memperhatikan masalah monitoring dan keamanan aset buku tersebut. Buatlah kartu anggota perpustakaan dengan nomer registrasi masing-masing anggota, sehingga dapat dengan mudah di integrasikan dengan nomer registrasi buku yang akan dipinjam.

0 thoughts on “Cara Efektif Mengelola Perpustakaan Sekolah

  1. Tanpa disadari memang budaya kita udah ancur, denga adanya globalisasi, kita semakin menyukai budaya barat dan tanpa disadari melupakan budaya sendiri. Nah pas aja budaya dicuri orag, baru ribut -__-

      1. nah itu bener, mulai melestarikan musik tradisional, mungkin kalo ngga suka bisa campur aduk sama gitar spanyol atau mungkin alat musik yang bukan dari Indonesia? bener ngga?
        Kalo tarian nya norak, berarti yang nyebutnya juga norak? bener ngga? Toh itu budaya sendiri -__-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *