Cara Efektif Mengelola Gudang Barang

Posted on

Gudang tempat menyimpan barang dan stok produk merupakan bagian penting untuk menunjang kelancaran usaha sukses anda. Gudang yang dikelola dengan baik akan meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan dengan mengirimkan barang yang sesuai pesanan baik jumlah maupun kualitasnya. Cara efektif mengelola gudang barang bisa anda simak berikut ini :

Tata letak gudang
Gudang yang tertata rapih antara jalur lintasan, pengelompokan barang, sirkulasi udara yang baik akan memudahkan pengelolannya. Berbeda dengan gudang yang semerawut sehingga sulit membedakan mana barang yang awal dan akhir diterima. Ketika mencari suatu barang akan memerlukan waktu yang lama karena tidak tertata rapih. Maka mulailah anda merapikah layout gudang sesuai fungsi dan ukuran gudang. Perjelas batas penyimpanan barang dan batas jalan untuk melintas. Pastikan barang terkumpul dalam beberapa kelompok kategori sehingga mudah dalam pengelolaannya.

Perbaiki data base gudang
Setiap barang yang masuk dan keluar harus dicatat dalam satu data base yang terintegrasi, sehingga memudahkan dalam pengontrolan barang. Untuk memudahkan hal ini anda bisa membeli software inventory yang banyak dijual di pasaran, sehingga anda tinggal memasukan data-data maka software langsung mengintegrasikannya dengan stok barang secara keseluruhan. Untuk pengecekan anda tinggal lihat summary nya saja dan anda sudah bisa mengambil keputusan untuk membeli atau mengeluarkan barang dari gudang.

Sistem keamanan gudang
Sebagian asset anda ada di dalam barang yang tersimpan di gudang, jadi jangan sampai asset anda hilang. Untuk system kamanan anda bisa buat gudang yang tertutup dimana tiap jendela memilki terali besi dan dijaga oleh satu atau dua orang penjaga. Selain menghindari dari pencurian sebenarnya ada keamanan yang tidak kalah pentingnya untuk dijaga yaitu dari hewan perusak seperti tikus dan rayap. Apalagi untuk barang makanan dan minuman, tikus ini menjadi perusak stok barang anda. Pasanglah alat anti hama tikus dan rayap di sekitar gudang anda, serta pelihara kebersihan gudang karena gudang yang bersih akan menyulitkan hama berkembang biak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *