BUAH MANGROVE BISA DIMAKAN DARI MUARAGEMBONG

Posted on

Pohon mangrove adalah sejenis pohon peredu yang tumbuh ditepi pantai atau tambak yang memiliki akar – akar yang kuat sehingga dapat mengikat tanah disekitarnya karena beberapa jenis pohon mangrove menghasilkan akar yang rapat yang tumbuh dari batang atas langsung ketanah atau sebaliknya akar yang timbul dari dalam tanah. Ada beberapa jenis pohon mangrove di Kecamatan Muara gembong Kab. Bekasi yang menghasilkan buah dan dapat di makan diantaranya, kalau tidak salah :

1. Pohon bakau atau Rhizophora Sp atau pohon pendeka ini adalah pohon yang menghasilkan akar-akar yang sangat kuat dan banyak yang keluar dari batang pohonnya, pohon ini juga menghasilkan buah tidak dapat dimakan karena buahnya tidak memiliki sama sekali daging buah ciri-ciri buahnya adalah seperti buah jambu monyet terbalik yaitu biji buah diatas dan dibawahnya ada bakal tunas yang menjulur panjang kebawah yang pangkal atas tunasnya terbungkus rapat biji buah, buah tanaman ini tidak dapat dimakan hanya ada butiran halus pada dalam pangkal buah yang tua yang dapat dicicipi dan rasanya sedikit asin.selain itu pada akar pohon banyak dijadikan rumah ikan mujahir atau kepiting laut.

2. Pohon Pidada atau sonneratia caseolaris sp ini adalah pohon pidada ini berakar lunak seperti gabus yang menyembul diatas tanah tumbuh banyak akarnya disekitar pohonnya diameternya mencapi 10 cm dan tingginya bisa mencapai 1 mtr dan yang unik lagi buahnya mirip dengan buah apel tetapi gepeng dan diatas ranting buahnya ada bentuk sepeti bintang bila matang buahnya amat masam sedikit manis dan asin.

Pohon ini ada 2 jenis Pidada dan bogem klw buah bogem mirip sekali dengan buah apel tetapi sekarang jarang sekali ditemukan. Buah pohon pidada ini bisa dimakan langsung bila sudah matang atau juga diolah lagi sehingga menjadi dodol untuk makanan ringan, sudah ada keluarga yang mengolahnya di Kec. Muaragembong tersebut.

3. Pohon api-api bahasa laennya Avicennia marina sp ia adalah pohon mangrove juga yang memiliki banyak akar yang keluar di tanah sekiar pohonnya tumbuh banyak dan agak kecil-kecil klw dibandingkan dengan pohon pidada. daunya halus dan rimbun, buahnya berbentuk seperti jambu mede / monyet tapi pipih berkulit buah lunak dalam satu ranting buah terdapat 5 – 10 buah bergantungan didalamnya buahnya terdapat bulu yang apabila sudah tua akan terbelah menjadi dua dan akan menjadi akar.

buah pohon api-api ini tidak dapat langsung dimakan rasanya pahit dan amat tidak enak.. he..he.. pernah dicobain ga enak.. Akan tetapi bila diolah terlebih dahulu yaitu dengan mengupas, merebus dan merendamnya maka rasanya akan seperti ubi kayu atau ubi-ubian tetapi sedikit kenyal. Olahan buah api-api ini bisa dugunakan untuk membuat kue atau makanan ringan seperti kue ongol-ongol atau kolak.
Udah  dulu yah… cape….
Met mencoba deh..

0 thoughts on “BUAH MANGROVE BISA DIMAKAN DARI MUARAGEMBONG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *