TEKNIK PRODUKSI MASSAL CACING TUBIFEX

Posted on

TEKNIK PRODUKSI MASSAL CACING TUBIFEX

Cacing Tubifex sp dikenal dengan nama cacingsutera maupun cacing rambut merupakan pakan alami yang belum tergantikan keberadaannya. Sejauh ini usaha budidaya cacing-cacing sutera belum banyakdilakukan dan hanya mengandalkan pasokan dari alam.      Istilahproduksi  massal cacing   tubifex adalah upaya menumbuhkan danmengembangbiakan cacing ini di dalam tempat (media) pemeliharaan yangterkontrol, berupa kubangan tanah berlumpur dan tergenang air.
TAHAPAN KEGIATAN PRODUKSI CACINGTUBIFEX SP:
1.       SIAPKAN LAHAN : Lahan yang digunakanberupa saluran drainase permanen yan berukuran panjang 10 m, lebar 20 cm, dantinggi (kedalaman ) 15 cm.
2.       PEMBUATAN MEDIA KULTUR : Bahan yangdigunakan sebagai media kultur terdiri dari lumpur, pupuk kandang, dedak halus,tepung ikan serta pakan buatan. Bahan yang telah disiapkan dicampur rata danditaruh secara merata pada tempat kultur yang sebelumnya telah dibuatkan sekatyang terbuat dari papan sebagai penahan lumpur.
3.       MASUKKAN AIR SECARA PERLAHAN pada mediakultur dengan mengalir. Media dibiarkan sampai 4 atau 5  hari untuk menghilangkan gas yang dihasilkanoleh pupuk kandang.
4.       PENEBARAN BIBIT.Bibit tubifex sebanyak 200 gr dimasukkan kedalam ember atau baskom kemudian disiram air agar gumpalan buyar. Cacing tubifex  yang sudah  terurai ini kemudian ditebar ke seluruhpermukaan di media budidaya secara merata. Seterusnya atur aliran air yangmasuk ke dalam media terus dikontrol jangan sampai tempat budidaya kering ataukelebihan air.
5.       PASANG PAPAN PENUTUP di atas mediakultur untuk menghindari cahaya matahari langsung.
6.       PEMELIHARAAN . Masa pemeliharaan cacingtubifex sekitar 3-4 minggu. Bila kondisi lingkungan cocok dan jumlah pakannyacukup, bibit cacing itu akan berkembang pesat dan dapat dipanen setiap 5 harisekali.
7.       PANEN. Panen dilakukan dengan caracacing tubifex diambil dengan tangan beserta lumpurnya. Kemudian ditaruh dalam seser larva yang halus dan dicuci di air mengalir. Dan lebih baiknya dicuci di atas media budidaya agar lumpurnyabias dimanfaatkan lagi. Cacing tubifex yang sudah dicuci tapi belum begitubersih ditaruh di talang atau pada kotak steroform dan diisi air setinggi 2-3mm di atas gumpalan cacing dan lumpur, dan di atasnya ditaruh kain strimin.Tutup talang atau steroform selama 2-3 jam, maka cacing akan terpisah darilumpur dan kotoran lainnya. Selanjutnya cacing yang sudah bersih disimpan padasteroform ayang dialiri air secara terus menerus.

Hasil penelusuran:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *