Sejarah Bengkoang

Posted on

Sejarah Bengkoang

 

Bengkoang atau bengkuang, mendengar nama itu bayangan kita cuma dua. Pertama, buah yang enak untuk dirujak. Kedua, buah yang biasa digunakan wanita untuk membuat masker pemutih kulit.

Bengkoang memiliki nama latin Pachyrhizus erosus. Buah yang juga dikenal sebagai umbi itu berasal dari Amerika tropis. Bengkoang termasuk dalam suku polong-polongan. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu.

Bengkoang memiliki Umbi akar tunggal, kulit luar krem atau coklat muda atau coklat tua, berdaging warna putih atau kuning-keputihan. Pada bentuk liarnya berumbi banyak, bentuknya memanjang.

Daun majemuk, beranak daun 3; helaian daun bercuping menjari atau utuh dengan tepi bergigi; anak daun lateral mengetupat tidak simetris sampai membundar telur, anak daun terminal mengginjal.

Perbungaan tandan semu, berbunga banyak. Bunga berkelopak coklat, mahkota bunga ungu-biru atau putih. Buah polong. Biji pipih bersegi – membundar , berwana hijau- coklat atau coklat tua kemerahan.

Hasil penelusuran:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *