Perbedaan mencegah penyakit dengan Antibiotik dan Vaksinasi

Posted on

This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Jika pencegahan penyakit menggunakan antibiotik prinsipnya disamakan dengan metode vaksinasi yaitu melakukan pengobatan sebelum ayam sakit, bagaimana cara pemberiannya dan apakah akan mempengaruhi kesehatan ayam?

Jawab :
Vaksinasi bertujuan untuk membentuk antibodi/kekebalan tubuh sehingga ketika ada serangan penyakit, tubuh mampu bertahan karena sudah memiliki “satpam” yang akan melumpuhkan bibit penyakit yang masuk. Program vaksinasi salah satunya ditentukan berdasarkan umur serangan penyakit. Jadi vaksinasi dapat dilakukan 3-4 minggu (vaksin inaktif) atau 2-3 minggu (vaksin aktif) sebelum terjadinya outbreak penyakit berdasar pada sejarah pemeliharaan sebelumnya. Sedangkan antibiotik yang diberikan sebelum gejala penyakit muncul merupakan tindakan cleaning program. Cleaning program bertujuan untuk membunuh bibit penyakit pada masa inkubasi dimana sebenarnya di dalam tubuh sudah terinfeksi bibit penyakit namun belum menunjukkan gejala klinis yang nyata. Jadi untuk lebih amannya sebaiknya cleaning program diberikan 3-4 hari sebelum terjadinya outbreak penyakit (munculnya gejala klinis) berdasar pada kasus pemeliharaan sebelumnya.
Tabel 1. Masa Inkubasi Penyakit Bakterial dan Parasit
Sumber : Diseases of poultry, 2003
*) Tergantung jumlah cacing yang menginfeksi
Sebagai contoh, ayam broiler pada pemeliharaan sebelumnya sering terinfeksi koksidosis pada umur 24 hari. Masa inkubasi koksidiosis berkisar 5-6 hari. Dengan demikian pemberian Antikoksi atau Koksidex dapat dilakukan saat ayam umur 21-24 hari.
Pemberian antibiotik sebagai cleaning program lebih bagus dibandingkan ketika pemberian setelah ayam menunjukkan gejala klinis. Dengan demikian kerugian akibat kematian atau tingginya ayam afkir dapat diminimalisir. Namun yang perlu dihindari ialah pemberian obat secara terus menerus karena selain pemborosan, juga akan memperberat kerja ginjal serta memicu terjadinya resistensi antibiotik.



Info Medion Edisi Juli 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *