Perbedaan Antara Paspor dan Visa

Posted on

Bila anda akan pergi keluar negeri maka pastinya memerlukan kelengkapan dokumen perjalanan berupa Paspor dan Visa. Lalu ada sebagian orang yang bertanya apa sebenarnya perbedaan antara paspor dan visa? Perbedaan ini penting difahami agar perjalanan anda keluar negeri bisa lebih aman, nyaman dan menyenangkan.

Paspor Republik Indonesia adalah dokumen perjalanan yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Imigrasi, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan perwakilan RI di luar negeri. Paspor ini hanya diberikan kepada Warga Negara Indonesia. Paspor ini berisi 24 atau 48 halaman dan berlaku selama 5 tahun. Namun paspor yang diterbitkan oleh perwakilan RI di luar negeri lazimnya menerbitkan paspor dengan jangka waktu 3 tahun dan dapat diperpanjang 2 tahun setelahnya.

Pada halaman kedua dan ketiga dalam paspor Indonesia berisi data pribadi pemegang paspor. Data-data tersebut adalah foto, jenis kelamin, kode negara, nomor paspor, nama lengkap, kewarganegaraan, tanggal lahir, tempat lahir, tanggal pengeluaran paspor, tanggal habis berlaku paspor, nomor registrasi, kantor yang mengeluarkan paspor, tanda tangan pemegang paspor dan data pejabat yang mengeluarkan paspor.

Paspor diperlukan untuk perjalanan internasional karena harus ditunjukkan ketika memasuki perbatasan suatu negara. Paspor akan diberi cap (stempel) atau disegel dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan. Paspor merupakan dokumen milik negara yang dapat dibatalkan atau dicabut sewaktu-waktu oleh negara tanpa pemberitahuan.

Sedangkan Visa adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara memberikan seseorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Kebanyakan negara membutuhkan kepemilikan visa asli untuk dapat masuk bagi warga negara asing, meskipun ada skema lain. Visa biasanya distempel atau ditempel di paspor penerima.

Hasil penelusuran:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *