Jenis Ternak Burung Merpati

Posted on

Ternak burung merpati memilki keunikan sendiri yakni burung ini bisa dibuat beberapa jenis ternak tergantung tujuan pemeliharaannya yaitu sebagai pacuan, hias atau konsumsi. Anda tinggal memilih sesuai minat dan bakat yang anda miliki.

Merpati pacuan
Merpati pacuan atau disebut juga Carrier Pigeon, banyak diminati orang karena daya terbangnya kuat. Ciri dari merpati pacuan ini adalah sosok tubuh yang gagah tetapi terlihat ramping, bulu tipis dan kaku, kulit pada tonjolan hidungnya tebal dan besar. Merpati jenis ini memiliki kemampuan terbang sejauh 200 km, tetapi kemampuan merpati jelajah modern bias mencapai 1.500 km. Merpati yang termasuk jenis pacuan antara lain : Belgian homer, tumbler, flying tipper, flight, merpati pos dan yang popular di Indonesia adalah merpati lokal yang dilatih untuk dijadikan merpati pacuan.

Merpati Hias
Merpati hias dinilai dari keindahan warna, keindahan bulu dan bentuk tubuh. Merpati yang termasuk jenis hias antara lain Jacobin atau biasa disebut dengan merpati jambul, Satinette (paruh pendek), English Pouter (jangkung), Frillback, dan Florentine. Merpati hias yang popular di Indonesia adalah merpati kipas (Fantail).

Merpati Konsumsi
Merpati konsumsi disebut juga merpati potong atau pedaging. Sebenarnya semua jenis merpati bisa dijadikan merpati potong. Merpati yang termasuk jenis ini adalah Carneau dan Mondaine. Jenis merpati potong yang popular di Indonesia adalah Hummer King. Anakan Hummer King umur satu bulan bisa mencapai bobot 6-7 ons dan siap jual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *