Jenis jenis polisi

Posted on

Hampir setiap hari kita melihat atau bertemu dengan polisi, baik polisi beneran maupun polisi di film film . Polisi bukan hanya ada di lalu lintas loh, dan yang boleh menilang mobil hanyalah polisi di jalan raya. Terus ada juga yang sebagai penjahat narkoba maupun detektif. Dibawah ini adalah beberapa jenis jenis polisi.

1. Polisi lalu lintas

Di Amerika biasanya disebut sebagai highway patrol atau polisi yang bertugas mengatur tata tertib di jalan raya , baik jalan biasa maupun jalan tol. Tugasnya antara lain menangap kendaraan yang melaju tinggi, memberi pertolongan pada kecelakaan, menyelidiki kecelakaan dan melaporkan jika ada jalan yang rusak.

2. Detektif

Detektif adalah polisi yang menyelidiki suatu kejahatan. Tugas mereka menyelidiki kejahatan seperti perampokan,pembunuhan,narkotika,kejahatan terorganisir dan masih banyak lainnya. Meski terlihat keren, namun tingkatnya paling rendah diantara penyelidik lainnya.

3. Polisi federal


Di film film kita sering melihat FBI ( Federal Bureau of Investigation), FBI juga polisi yang langsung di bawah pemerintah pusat di Amerika. Selain FBI ada polisi narkoba (DEA), ATF ( Polisi minuman keras dan bom ) . Polisi federal terdapat di Amerika, Kanada, Jerman, Argentina dan Australia.

4. Sheriff
Sheriff dipakai di daerah bekas jajahan Inggris seperti Amerika, Australia, Kanada, India dan lainnya. Sheriff gabungan dari dua kata yaitu shire dan reevee. Shire  atau county berarti lokasi yang dikuasai kerajaan. Sedangkan revee adalah petugas yang ditunjuk untuk menjaga shire. Kini Sheriff udah tidak ada hubungan lagi dengan kerajaan. Sheriff sekarang bertugas sebagai polisi di suatu wilayah negara bagian.

5. Marshall
Marshall adalah petugas hukum yang cuman ada di negara Amerika. Mereka termasuk polisi yang menyelidiki kasus kasus khusus.

6. Unit Vice
Biasa juga disebut sebagai Vice Squad. Polisi yang bertugas untuk kejahatan moral seperti narkoba, alkohol, dan pelacuran.

7. Polisi Militer
Biasa sering disebut Military Police. Mereka bertugas sebagai polisi yang mengawasi tentang militer. Termasuk benda, dan orang didalamnya. Mereka berhak menyelidiki, menyidang dan memenjara tentara yang jahat.

8. Park Ranger

Polisi yang bertugas melindungi hutan dan isinya, mereka menangkap pencuri hutan dan pemburu liar. Mereka biasanya tidak bersenjata, bila bersenjata pun cuman untuk kepentingan yang penting

9. Harbour patrols
Mereka bertugas di perairan dan memakai alat tranportasi seperti speedboat,kapal dan lain lain. Tugasnya menangkap para pendatang gelap dan penyelundupan dari wilayah perairan.

sumber : Majalah Xy-Kids

Hasil penelusuran:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *