Jenis Jenis Anjing di dunia( ras Anjing didunia ) Bagian 3

Posted on

34. Azawakh


Azawakh adalah salah satu ras anjing kuno yang berasal dari Mali, Afrika. Anjing ini termasuk anjing yang dapat berburu dengan mengandalkan kecepatan dan penglihatan. Dulunya anjing ini dikenal sebagai anjing liar yang menjaga dan menghiasi tenda tempat tinggal suku Tuareg (penduduk pedalaman Sahara, Afrika Utara). Namun, sekarang ini sering dimanfaatkan sebagai pemburu kelinci serta binatang peliharaan dan pertunjukkan. Azawakh memiliki tubuh yang kurus dan atletis serta dapat berlari hingga kecepatan 64 km/jam. Anjing ini memiliki tinggi 58-74 cm dan berat 17-25 kg yang dilapisi dengan bulu pendek dan halus. Ciri lain dari Azawakh adalah waspada, cepat, mandiri, sensitif terhadap suhu dingin, dan pada telapak kakinya ditutupi oleh bulu berwarna putih.

35. Barbet


Barbet adalah salah satu jenis anjing tertua dari Perancis. Anjing ini memiliki penampakan fisik utama berupa bulu tebal seperti wol dan berombak yang melindunginya dari suhu dingin dan kelembaban. Bulu Barbet hanya terdiri dari satu warna yaitu hitam, coklat, coklat-kekuningan, atau merah coklat-kekuningan. Ciri fisik lain dari anjing ini adalah leher pendek, mata bundar dan umumnya berwarna coklat gelap, serta memiliki bulu janggut yang panjang dan cukup luas. Barbet jantan memiliki tinggi 58-65 cm, sedangkan Barbet betina 53-61 cm. Ras anjing ini menyukai air dan senang melakukan aktivitas renang. Beberapa penyakit rentan menyerang Barbet adalah displasia panggul (hip dysplasia), infeksi telinga, hernia, dan epilepsi. Umur rata-rata anjing ini berkisar antara 12-15 tahun.

36. Boykin Spaniel


Boykin Spaniel adalah salah satu ras anjing yang berasal dari Carolina Selatan, Amerika Selatan. Pada awal tahun 1900-an, seorang bankir dari kota Spartanburg menemukan anjing tersesat yang diberi nama Dumpy. Setelah mengetahui bahwa anjing ini memiliki kemampuan berburu secara alami, dia memberikan Dumpy kepada rekannya yang merupakan seorang pemburu bernama L. W. “Whit” Boykin. Bersama L. W. “Whit” Boykin, anjing ini digunakan untuk berburu bebek dan kalkun di rawa. Beberapa ciri fisik dari anjing ini adalah telinga ditutupi dengan rambut panjang dan berombak, bentuk kepala seperti Spaniel, memiliki tinggi 38-46 cm, dan berat 11-18 kg. Bulu anjing ini bergelombang atau keriting, berwarna coklat, dan tahan air.

37. Pug


Pug adalah anjing ras dengan wajah yang keriput dan tubuh berukuran sedang. Kata “pug” berasal dari bahasa Latin pugnus yang artinya kepalan tangan, seperti wajah pug yang kelihatan seperti kepalan tangan.

Pug dipelihara untuk menghibur kaisar-kaisar Tiongkok pada masa dinasti Shang (1776-1122 SM) di Tiongkok Timur, dengan dikenal dengan nama Lo-Chiang-Sze atau Foo. Kepopuleran pug menyebar sampai Tibet, terutama banyak dipelihara oleh para biksu, dan kemudian dibawa ke Jepang dan akhirnya Eropa.

38.  Great Dane
 http://img534.imageshack.us/img534/493/greatdane2.jpg
Great Dane adalah ras anjing penjaga atau peliharaan yang berasal dari Jerman dan dikenal karena ukuran tubuhnya yang besar. Anjing ini memiliki otak yang pintar dan dapat dilatih. Great Dane asli dapat bertingkah seperti anjing pembunuh ganas, namun peternak anjing telah membuat Great Dane bertingkah lebih sopan. Ras ini dikenal mampu menghabiskan banyak makanan, agresif terhadap anjing lain dan juga kucing, dan memiliki sifat protektif.

Update terakhir : 24 Desember 2011

Part 2 jenis jenis anjing , Part 1 Jenis jenis anjing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *