CROPWAT

Posted on

 

CROPWATT
1 LATAR BELAKANG
Pengetahuantentang keirigasian terus berkembang sesuai dengan perkembangan ilmupengetahuan secara umum. Masuknya era digital juga merambah pada ranah ilmukeirigasian. Perhitungan tentang keirigasian baik mulai dari kebutuhan airirigasi, kebutuhan air tanaman, kebutuhan air pada suatu lahan dan lainsebagainya, selain dapat dihitung dengan menggunakan rumus manual, oleh karenaberkembangnya teknologi itu semua dapat dihitung dengan menggunakan soft ware.
Dalamera global sekarang terutama tentang pengetahuan komputerisasi hendaklahmerupakan suatu harga mati yang harus diketahui sebagai seorang mahasiswa.Perkembangan bidang ilmu tentang keirigasian juga termasuk kedalamnya. Denganmemasukkan data klimatologi seseorang sudah bisa mengetahui hamper segala halyang dibutuhkan dalam kegiatan keirigasian.
Sebagain seorangmahasiswa yang bergelut dibidang pertanian, kususnya teknik pertanian yangtidak bisa lepas dari keilmuan keirigasian hendaknya mahasiswa harus mampumenguasai pengaplikasian ilmu computer maupun soft ware dalam bidangkeirigasian ini.
Pengaplikasiansoft ware dalam bidang ilmu keirigasian ini sangat membantu dan bahkan berperanpenting sekali dalam penglolaan data klimatologi dan sehingga menghasilkan datahasil yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan dalam halkebijakan keirigasian.
Dalm halpengelolaan jaringan irgasi yang baik, pengaplikasian soft ware ini juga  sangat berguna. Dengan hasil data yang telahdiolah dengan soft ware tersebut yang pada umumnya akan memdekati kenyataanjika dilakukan pengolahan yang benar, maka ini akan sangat membantu sekali.
Ollehkarena itu pemahaman yang mendalam tentang pengaplikasian soft ware dalamkegiatan keirigasian ini sangat bermanfaat dan bahkan seharusnya sangatdibutuihkan sebagai seorang mahasiawa teknik pertanian.
2 TUJUAN
Tujuan nya diadakan nya praktikum ini adalah untuk mengenalkan perangkatlunak (software) computer untuk menghitung kebutuhan air tanaman dan kebutuhanair irigasi beserta karakteristiknya serta diharapkan praktikan dapatmemanfaatkan,mengerti hal tersebut dan menerapkan nya pada lapangan kerjanantinya.
3 MANFAAT
            Manfaatdiadakannya praktikum ini agar praktikan mengenal dan mengetahui perangkatlunak (software) kumputer untuk menghitung kebutuhan air tanaman  dan kebutuhan air irigasi besertakarakteristiknya.
4 TINJAUAN PUSTAKA
Diseluruh dunia ini telah tersedia beribu- ribu jenis perangkat lunakkomputer dalam bidang teknik dan air yang telah disusun oleh berbagai lembagauntuk bermacam – macam keperluan. Penyusunan perangkat lunak dimaksudkan untukmempermudah dan mempercepat pekerjaan terutama yang berkaitan dengan perencanaandan perhitungan – perhitungan yang rumit, memerlukan iterasi atau presisi yangtinggi.
Perangkat lunak disusun berdasarkan suatu teori atau model tertentusehingga penggunaannya juga harus menguasai teori atau model tersebut sebelummengoperasikannya. Disamping itu, pengguna juga harus mengetahui carapengoperasian dan data yang diperlukan serta kelebihan dan kelemahan perangkatlunak yang bersangkutan. Kesalahan dalam hal – hal tersebut akan berakibatkesalahan keluaran (output).
Salah satu perangkat lunak dalam bidang irigasi adalah CROPWAT yangdisusun oleh FAO. CROPWAT dapat dipergunakan untuk menghitung evapotranspirasipotensial, evapotranspirasi aktual, kebutuhan air irigasi satu jenis tanamanmaupun beberapa jenis tanaman dalam satu hamparan, serta merencanakan pemberianair irigasi. Data yang diperlukan untuk mengoperasikan CROPWAT adalah dataklimatologi bulanan (temperature maksimum – minimum atau rata – rata,penyinaran matahari, kelembaban, kecepatan angin, dan curah hujan). Data tanamantersedia dalam program secara terbatas dan dapat ditambahkan ataudimodifikasikan sesuai dengan kondisi setempat.
Pada praktikum ini digunakan perangkat lunak CROPWAT 4 for WINDOWS yangmenggunakan persamaan yang sama dengan CROPWAT 7 versi DOS. Menu file dan InputData digunakan untuk memasukkan data. Menu Schedule digunakan untuk mengaturpenjadwalan irigasi. Menu Tables dan Graphs digunakan untuk menyajikan hasilperhitungan. Program ini juga dilengkapi dengan menu Save Report untukmenyimpan file dalam bentuk ASCII. Untuk mengolah data yang telah dimasukkantersedia Data Status Windows yang merupakan suatu tabel ringkasan data yangsedang digunakan yang juga menunjukkan apakah data sudah cukup bila akanmelanjutkan perhitungan kebutuhan air tanaman atau penjadwalan irigasi.
Pada praktikum ini digunakanperangkat lunak CROPWAT 4 for WINDOW yang menggunakan persamaan yang samadengan CROPWAT versi 7 versi DOS. Menu yang terdapat pada  CROPWAT 4 for WINDOW adalah:
Menu File dan InputData digunakanuntuk memasukkan data. Menu Schedule digunakan untuk mengatur penjadwalanirigasi. Menu Tables dan Graphs digunakan untuk menyajikan hasilperhitungan. Program ini juga dilengkapi dengan menu SaveReport untuk menyimpanfile dalam bentuk ASCII.
Untuk mengelola data yang telah dimasukkantersedia Data Status Window yang merupakan suatu tabel ringkasan data yangsedang digunakan yang juga menunjukkan apakah data sudah cukup bila akanmelanjutkan perhitungan kebutuhan air tanaman atau  penjadwalan irigasi. 
5 BAHAN DAN METODA
5.1 ALAT DAN BAHAN
Alat dan bahan yang digunakan dalampraktikum ini :
·        Perangkatcomputer atau laptop
·        Softwarecropwat
·        Dataklimatologi dari stasiun kilmatologi
5.2 METODA
Cara kerja pada praktikum ini :
·        Instalsoft ware pada perangkat computer atau laptop
·        Jalankansoft ware
·        Inputdata klimatologi
·        Catathasil yang diperoleh
6 HASIL PEMBAHASAN
6.1  HASIL
6.2 PEMBAHASAN
Dataiklim diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi Gunung nago  dari tahun 2000-2010.
Data Iklim dan Evapotranspirasi
Tabel diatas menunjukkan hasil pengolahan data Cropwat for Windows   untuk mengetahui nilai evapotranspirasi(ETo), input data berupa suhu maksimum – minimum, kelembapan, kecepatan angin,dan penyinaran yang diperoleh dari data tiap bulan.
 Totaldan Curah Hujan Efektif
Berdasarkan grafik di atas terlihat bahwa total hujan tertinggi terjadipada bulan  ke-12 (desember). Padapertengahan tahun, total hujan yang terjadi juga sangat rendah, terutam padabulan ke-2 (februari) dan ke-4 (April). Hujan efektif tertinggi juga terjadipada bulan ke-8 (agutus), sebanding dengan total hujan pada bulan tersebut.
Kebutuhan Air Tanama
Grafikdiatas menunjukkan tinhkat kebutuhan air pada tanaman dalam 1 tahun. Darigrafik dapat bahwa kebutuhan air tanaman sangat tinggi pada bulan masuk musimkemarau, sehingga terjadi kekurangan air pada tanaman.
        Pada grafik di atas juga dihubungkandengan evapotranspirasi yang juga menjadi factor yang mempengaruhi kebutuhanair tanaman, karena evapotranspirasi menyebabkan kehilangan air dari tanahmenuju atmosfir.
 PenjadwalanIrigasi
Tabeldi  atas adalah penjadwalan irigasi hasilpengolahan Cropwat for Windows.
6 PENUTUP
6.1 KESIMPULAN
Darihasil praktikum diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan data curahhujan setempat dan yang diolah dengan menggunakan perangkat lunak computer(soft ware) dapat diperoleh data lainnya di bidang keirigasian dan kebutuhanair tanaman dan spesifikasi tanaman yang cocok di wilayah tersbut.
6.2 SARAN
Diharapkandalam waktu pelaksanaan praktikum, praktikan dapat serius dan dating tepatwaktuke tempat praktikum, sehingga bisa mengikuti praktikum dengan baik dantidak ketinggalan materi praktikum tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *