Cara Tepat Memberi Makanan Ikan Cupang

Posted on

Cara Tepat Memberi Makanan Ikan Cupang

Setiap orang mungkin bisa saja memberi makan ikan cupang, tapi cara-cara yg dilakukan belum tentu tepat. Apakah anda tahu bagaimana pengaruhnya apabila cara pemberian makanan yg dilakukan dengan cara kurang tepat bisa menyebabkan ikan cupang anda sakit dan stress.

422

Berikut ini adalah pilar utama tentang bagaimana cara yg tepat dalam memberi makanan pada ikan cupang

  • Ikan cupang sangat menyukai cacing rambut atau jentik nyamuk di bandingkan dengan pelet sebagai makanannya. Saya sarankan jangan menggunakan pelet sebagai sumber utama makanan cupang.
  • Jangan memberikan makanan ikan cupang terlalu banyak atau berlebihan. Hal ini dikarenakan sisa-sisa makanan yg ada di dalam kolam atau aquarium dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit pada ikan. Selain itu ia akan mengalami pembusukan dan menimbulkan pencemaran air.
  • Ikan cupang tergolong ikan yg selektif dalam memilih makanannya. Ikan ini menyukai makanan yg terapung dipermukaan air dibandingkan dengan makanan yg didasar air. Jadi jatuhkan makanan ikan cupang sedikit demi sedikit dan pastikan terlihat olehnya sambil anda pastikan ia telah memakannya.
  • Jika dalam 15 menit, ikan cupang tidak mau memakannya, segera keluarkan makanan dari dalam air. Hal ini demi menjaga kebersihan air. Hindari penggunaan air yg mengandung kaporit.
  • Apabila anda memelihara ikan cupang dalam aquarium, lakukan pembersihan minimal 1 minggu sekali. Tapi jika anda memelihara ikan cupang di dalam kolam yg besar cukup menjaga kualitas air. Pastikan kondisi air tidak berbau atau berwarna.

Semoga dengan cara tepat memberi makan ikan cupang, Anda terinspirasi untuk mengembangbiakan ikan cupang.

Hasil penelusuran:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *