BUAH DAN SAYURAN YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN JANTUNG

 Sekilas Info, Tanaman Obat




BUAH DAN SAYURAN YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN JANTUNG

Ada beberapa jenis buah dan sayuran unggulan yang tidak hanya mengandung vitamin dan mineral. Akan tetapi sayuran dan buah ini  mengandung antioksidan. Lho apa hubungannya antioksidan dan kesehatan jantung?

Sayuran dan buah adalah bahan makanan yang mengandung serat  yang mampu mencegah penyakit jantung. Serat makanan itu merupakan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan mempunyai kemampuan hebat dalam menetralisir radikal bebas dan mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL). Contoh glutation dalam alpukat atau quercentin yang terdapat dalam anggur dan bawang.
Kolesterol LDL memiliki kemampuan menembus dinding arteri dan kemudian menyumbat pembuluh darah bila telah mengalami oksidasi. Maka supaya pembentukan plak dan penyumbatan itu tidak terjadi, proses oksidasi itu harus dicegah. Itu berarti ketika antioksidan mencegah terjadinya proses oksidasi LDL itu,  resiko munculnya penyakit  jantung koroner pun terhambat.
Jadi tahu kan apa hubungannya  zat antioksidan dengan kesehatan jantung? Nah inilah 11 buah dan sayuran yang berguna bagi kesehatan jantung kita :
1. Alpukat
Antioksidan-glutation dan lemak tak jenuh tunggal yang terkadung dalam alpukat bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas serta lemak yang bersifat merusak dalam tubuh.
2. Anggur
Flavonoid seperti quercentin dan catechin banyak terdapat dalam anggur, terutama anggur merah dan ungu. Antioksidan ini berkhasiat memperlancar aliran darah, mencegah reaksi oksidasi kolesterol jahat (LDL), serta mengurangi pembentukan plak pada pembuluh darah. Vitamin C dalam anggur juga dapat menetralisir radikal bebas.
3. Apel
Apel mengandung banyak sekali pektin, yaitu jenis serat yang sangat bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Pektin mengikat kolesterol yang berasal dari makanan, misalnya dari susu, daging dan telur serta menahannya agar tetap berada dalam usus. Kolesterol tersebut selanjutnya dikeluarkan dari dalam tubuh melalui tinja.
4. Berri
Buah-buahan keluarga berri seperti kranberi, strawberi, dan blueberi mengandung antioksidan-vitamin C yang bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas. Juga bersifat antikanker dan antiinfeksi saluran kemih.
5. Jeruk
Jeruk mengandung karotenoid, flavonoid, vitamin C dan glutation yang berguna untuk menetralkan radikal bebas dan antikanker.
6. Bawang
Bawang putih maupun bawang merah mengandung antioksidan quercentin yang berguna untuk menetralisir kolesterol jahat (LDL) dan bersifat antikanker.
7. Bayam
Mengandung banyak antioksidan-karotenoid, lutein dan asam folat yang bermanfaat menetralisir radikal bebas dan antikanker paru-paru.
8. Brokoli
Brokoli mengandung antioksidan-sulforafan, vitaminC, indole, chromium dan glutation yang bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas, antikanker (paru-paru, usus besar) dan pengendalian insulin.
9. Kubis
Terdiri dari kubis savoy dan kubis keriting yang mengandung antioksidan-indole-3-karbinol yang dapat menetralisir radikal bebas dan antikanker payudara.
10. Tomat
Mengandung antioksidan-karotenoid lycopene, vitamin C dan asam p-kumarat, asam klorogenat yang berguna menetralisir radikal bebas dan antikanker pankreas.
11. Wortel
Kaya akan antioksidan-karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas, antikanker dan menetralisir jerawat. Wortel juga mengandung kalsium pektat yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah.




Bagikan ke teman: