Bintek Administrasi Dasa Wisma PKK

Posted on

Rembang-Sebanyak 180 orang terdiri atas sekertaris Tim penggerak PKK kecamatan, PKK desa/kelurahan binaan PKK kabupaten dan perwakilan Ketua dasa wisma di tiap-tiap kecamatan Pagi tadi mengikuti Bimbingan Teknis Administrasi Dasa Wisma PKK di pendopo Rumah Dinas Bupati Rembang. Kegiatan dibuka oleh ketua Tim penggerak PKK kabupaten Ny. Hj umy Jazillah Salim.

Umy Jazillah salim mengatakan, Dasa wisma adalah kelompok yang terdiri atas 10 hingga 20 rumah, diketuai oleh salah seorang yang dipilih diantara mereka. Sebagai kelompok terdepan dasa Wisma memiliki peran strategis dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan menjadi ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK.

 

Berkaitan dengan pelaksanaan Bintek Administrasi, Mulai tahun 2011 ini semua kegiatan dan administrasi PKK sudah mengacu pada Hasil Rakernas ketujuh tahun 2010. Dibandingkan dengan Hasil Rakernas Keenam tahun 2005, Administrasi yang dikerjakan lebih banyak. Namun demikian Ibu-ibu tidak usah berkecil hati, karena kalau sudah dipelajari, insya Allah tidak ada yang sulit.

 

Umi Jazillah salim berharap setelah mengikuti bintek, ibu-ibu bisa mempraktekkan di kelompok dasa wisma masing-masing. Jangan jadikan administrasi pengisian Dasawisma sebagai sebuah beban dan lakukan dengan senang hati.

 

Ketua penyelenggara Sri Is setyowati Sodiq mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan adminstrasi Dasa wisma kepada para ketua dasa Wisa, sehingga bisa mengerjakan Administrasi dasa wisma PKK sesuai hasil Rakernas VII tahun 2010 di kelompok Dasa Wisma Masing-masing.

 

Kegiatan ini menghadirkan nara sumber dari tim Penggerak PKK kabupaten rembang yaitu Abdullah chafid, Mugiharti dan siti Alfiah. Dengan materi Administrasi dasa wisma PKK berdasarkan hasil keputusan Rakernas VII tahun 2011.

0 thoughts on “Bintek Administrasi Dasa Wisma PKK

  1. wallahu a’lam

    barang siapa yang melakukan ijtihad dan hasilnya meleset maka ia mendapat 1 kebajikan

    siapa yang sudah berijtihat dan benar maka baginya 2 kebajikan.

    jadi apapun keputusannya, asalkan sudah diperhitungkan dengan seteliti-telitinya, insya Allah hasilnya akan baik

    1. Perbedaan itulah yang menunjukkan bahwa pengetahuan manusia itu masih terbatas. Dengan hal itu, umat senantiasa perlu menambah ilmu pengetahuan baik agama atau pun ilmu pengetahuan umum, dan itu juga yang diisyaratkan dari 5 ayat pertama yang diturunkan pada Nabi kita, Muhammad SAW.

  2. Sebenarnya baik dari LAPAN maupun NU, sudah mengetahui bahwa tgl 20 Juli 2012 nanti bulan sudah diatas ufuk, ibarat jam sudah melewati angka 12, sayangnya pemerintah mematok bulan harus lebih dari 2 derajat atau sampai terlihat oleh mata telanjang.

    Dan Muhammadiyah berpatokan di atas 0 derajat. persi seperti hitungan jam. jika sudah melewati angka 12 maka sudah masuk ke jam berikutnya..

    Nah mengenai sidang isbat di tahun 2011 lalu, sidang tersebut terkesan penggumuman dan pemaksaan serta penipuan. dan tidak ada diskusi bahkan saksi yang melihat bulan dimalam itupun ditolak mentah-mentah.

    “LAPAN bersedia untuk menjadi mediator”

    LAPAN akhir2 ini terkesan seperti seorang ulama yang berhak menyalahkan pendapat kelompok lain dengan mengeluarkan beberapa dalil dari qur’an dan hadits, dan selalu menyudutkan Muhammadiyah, padahal LAPAN semestinya tidak berada di wilayah itu. Dan mulai tahun ini Muhammadiyah tidak akan mengikuti sidang isbat, dikarenakan hal2 tersebut.

    OK, Selamat menyambut bulan ramadhan yang dipenuhi dengan keberkahan!!

    Awal Ramadhan sesuai kepercayaan masing2 !! 😀
    tetap jaga ukhuwah !!

    1. Memang melihat apa yang terjadi di tahun kemarin, salah seorang perwakilan dari Muhammadiyah ada yang agak tersinggung dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh perwakilan dari LAPAN. Seolah-olah menyudutkan pihak Muhammadiyah yang sudah mengeluarkan keputusan jauh di awal Bulan Ramadhan. Dari salah satu blog yang dimiliki oleh orang LAPAN, di situ kita dapat melihat banyak dalil-dalil yang memang digunakan baik itu NU atau pun Muhammadiyah.
      Meskipun terkesan menyudutkan salah satu pihak, namun saya berpikir tidak akan ada salahnya untuk menyambut niat baik dari LAPAN ini. Dan berharap semua pihak dapat duduk satu meja dan mendiskusikan hal-hal demi kemaslahatan umat. Walaupun seumpama akhirnya tidak mencapai satu kesepatan bersama, setidaknya sudah berusaha.

      Selamat menyambut Bulan penuh berkah, Ramadhan 1434 H.

        1. ajakan untuk bermusyawarah tidak dapat saya katakan atau pun saya prasangkakan sebagai niatan buruk dari LAPAN. Musyawarah juga itu yang disarankan oleh Al-qur’an dan Hadits. Kalau memang Muhammadiyah merasa selalu tersudutkan oleh pernyataan-pernyataan dari LAPAN, ada baiknya Muhammadiyah mencoba memberikan alasan dalam musyawarah tersebut.

          1. Mediator itu sama dengan hakim atau wasit HARUS adil dan tidak memihak! jika mediator sudah memihak kepada salah satu kelompok, maka syarat untuk mengadakan suatu diskusi/musyawarah yang sehat sudah dilanggar. artinya tidak memenuhi syarat untuk melakukan diskusi yang sehat.

            Musyawarah tentang awal bulan Hijriah sudah sering dilakukan, dan hasilnya seperti yang kita lihat sekarang.. Muhammadiyah dan NU juga saling menghormati!! lalu siapa yang sering mempermasalahkan ??

            Kita terima saja perbedaan ini, karena memang masing2 memiliki cara yang berbeda dan sulit dipertemukan.. jika harus mengikuti ulil amri minkum, ingat negara kita bukan negara ISLAM..

            Afwan.

          2. Seperti di akhir dari tulisan saya yang menyebutkan bahwa kalau memang perbedaan ini tidak dapat disamakan, kita harus legowo menerima nash bahwa perbedaan itulah yang justru membuat keindahan. Keindahan dengan kerukunan baik yang mengikuti NU atau pun Muhammadiyah.

            Dan untuk persoalan LAPAN, setelah saya membaca dan mencermati beberapa tulisan dan pernyataan dan tentunya juga pandangan dari Mas Malik, membuat saya berpikir ulang tentang peranan lembaga ini. Apa yang kemarin saya tulis itupun hanyalah pendapat saya yang ternyata kurang dilengkapi dengan data dan fakta mengenai apa yang pernyataan dan sikap dari LAPAN itu sendiri.

            Terima kasih pada Mas Malik dan beberapa teman yang memberikan komentar tentang hal ini yang telah memberikan pandangan yang lebih luas dan jelas. Syukron.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *