Aziz Widayanto – Petani Anggrek yang Sukses dari Wonogiri

Posted on

Dalam usia relatif muda (35 th) Aziz Widayanto sudah bisa mewujudkan angan-angannya sebagai Kader Petani Muda yang mandiri. Kehidupan pria kelahiran 21 Juni 1975 terbilang sukses dengan rumah yang cukup megah, dan sebuah mobil pick-up untuk mengangkut hasil pertanian untuk memperlancar usahataninya.

Aziz yang telah mempersunting gadis pilihannya yang bernama Yustin Wariyanti 11 tahun yang lalu, telah mernbuahkan 2 orang anak (1 putri dan 1 putra). Sosok pemuda tani anggota Kelompok Tani Marsudi Tani, di Dusun Garon Desa Batuwarno, Kecamatan Batuwarno, Wonogiri ini mempunyai motivasi kerja yang tinggi, dan mampu menjadi penggerak dan memberikan contoh pada masyarakat di sekitarnya, ternyata dengan berusahatani yang dirintis mulai tahun 2005 yakni budidaya pembesaran bibit tanaman anggrek, ia dapat hidup layak bersama keluarganya. Di balik kesuksesan tersebut nampaklah keteladanan yang tercermin dalarn kesederhanaan dan mampu memberikan magnet bagi warga lingkungannya.

Perkenalannya dengan pengusaha anggrek asal Batuwarno yang sekarang berdomisili di Jakarta yang menawarkan kerjasama saling rnenguntungkan dengan menjadi plasma menjadikannya sebagai salah satu petani anggrek yang diunggulkan di Kecamatan Batuwarno. Semua itu bisa teraih berkat kerja kerasnya, interaksinya dengan Penyuluh Pertanian yang mampu memberikan motivasi untuk melaksanakan usahataninya dengan lebih baik.
Komoditas utama yang diusahakan Aziz adalah tanaman bunga anggrek dengan populasi 12.000 batang. Usaha lainnya yaitu tanaman pangan jagung dengan produktivitas 5,5 ton pipilan kering dan peternakan (ternak sapi yang sudah berkernbang sampai 8 ekor), serta rumput gajah dan silase dari jerami. Bagi Aziz, anggrek mernberikan keuntungan sebesar Rp 23,992 juta, jagung Rp 11,150 juta, ternak sapi, belum termasuk rumput gajah maupun silase yang selain dipakai sendiri juga dijual kalau ada yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *