Bisnis Sayuran Hidroponik Untuk Ibu Ruah Tangga

Berapa buget belanja sayuran Anda dalam sehari? Nah, kenapa tidakmencoba menanam sendiri. Ada cara menanam yang lebih praktis. Bahkanjika Anda mau bisa dijadikan lahan bisnis.

Kalimat,sehat itu mahal, memang benar adanya. Jadi, sudah seharusnya kita tidakmengonsumsi makanan yang tidak baik. Dan mulailah mengonsumsi makanansehat yang bisa berasal dari halaman sendiri. Jadi, mari kita awalihidup sehat dari rumah.

Untuk bertanam hidroponik, tak perluhalaman luas dan modal besar. Bahkan, orang yang tinggal di apartemenpun bisa bercocok tanam dengan cara ini. Modal yang diperlukan hanyanampan plstik. Beragam sayuran pun bisa ditanam. Tinggal pilih, bisacabai, bayam, caisim, kangkung, kacang panjang, atau terung.

Banyaksekali kelebihan dari bertanam hidroponik. Selain cepat tumbuh,kualitasnya juga bagus karena bebas pestisida, dan yang penting bisahemat. Nah, jika ingin usaha skala besar, bisa menggunakan botol bekasair mineral dan pralon bisa dirancang untuk bertanam hidroponik.

Agarlebih hemat tempat, bisa dibuat rancangan wadah plastik atau pralonbertingkat sehingga bisa menghasilkan lebih banyak sayuran yangditanam. “

Proses bertanam hidroponik sangat mudah dan bisadikerjakan oleh ibu rumah tangga di rumah. Cukup siapkan nampanplastik, spons, pinset, dan sumpit.

Setelah bibit berupa bijiditanam, diamkan selama 3 hari dalam kondisi gelap dan lembap, untukmerangsang munculnya benih. Lalu, jemur di bawah sinar matahari selamaseminggu untuk kemudian ditanam dalam styrofoam.

Sayur inibisa dipanen setelah 1 bulan. Untuk kangkung malah bisa ditanam 2-3kali. Setia memaparkan, untuk skala konsumsi keluarga, modal awalnyayang dibutuhkan hanya sekitar Rp 50 ribu. Selamat mencoba. 

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/entrepreneur/nasional/wanita/9762-bisnis-sayuran-hidroponik-ibu-rumah-tangga.html

Bisnis Sayuran Hidroponik Untuk Ibu Ruah Tangga | budidarma | 4.5
error: Content is protected !!