Bahan Pakan Tambahan Ikan Karnivora dan Omnivora

Bahan pakan hewani  umumnya sangat disukai oleh berbagai jenis ikan, terutama ikan-ikan karnivora dan ikan omnivora. Pakan ini merupakan sumber protein yg dapat mendorong laju pertumbuhan ikan peliharaan. Jenis pakan hewani sangat banyak, tetapi yg disukai ikan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Daging SiputDaging siput dapat digunakan sebagai pakan ikan mentah setelah dicincang terlebih dahulu. Namun sebelumnya direbus terlebih dahulu untuk mencegah penularan bibit penyakit. Jenis-jenis siput yg biasa diberikan kepada ikan, contohnya siput darat atau bekicot dan siput air tawar (keong gondang, keong sawah, siput murbei, dan keong mas)
  • SeranggaBanyak jenis serangga yg disukai ikan-ikan karnivora dan omnivora. Diantara serangga-serangga tsb ada beberapa jenis yg potensial untuk dibudidayakan secara intensif dan massal sebagai pakan hewani, seperti ulat hongkong, jentik nyamuk , ulat sutra dan jangkrik. Ada 2 jenis jangkrik yang digunakan untuk pakan ikan, yaitu jangkrik coklat dan jangkrik genggong.
  • CacingIkan-ikan karnivora dan omnivora terutama, sangat menyukai cacing. Berikut ini beberapa jenis cacing yang sangat digemari: cacing rambut atau cacing sutra,  cacing merah, cacing kalung
  • ZooplanktonPenggunaan zooplankton sebagai pakan tambahan terutama dilakukan untuk pasca burayak dan benih ikan, udang, kepiting dan kerang-kerangan dipanti pembenihan. Zooplankton diumpankan selagi masih hidup dan segar.

Semoga artikel Bahan Pakan Tambahan Ikan Karnivora dan Omnivora dapat menambah pengetahuan anda.

Bahan Pakan Tambahan Ikan Karnivora dan Omnivora | budidarma | 4.5
error: Content is protected !!