Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Advertisement

Budidarma.com  –  Cara Kerja Mesin Diesel 4 TakSeperti pada motor bensin,  maka pada motor diesel juga terdapat motor diesel 4 Tak/ langkah dan 2 Tak/langkah, dalam aplikasinya pada  kendaraan saat ini mayoritas menggunakan motor diesel 4 Tak, hal ini tentu saja karena beragan kelebihan mesin diesel 4 tak yang nanti akan kami uraikan selengkapnya.

Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Prinsip Kerja Mesin Diesel
Pada mesin diesel, proses dimulai dari bahan bakar (solar) diinjeksikan oleh bagian injector nozzle ke dalam silinder (yang di dalam silinder tersebut telah tersedia udara panas yang disebabkan oleh langkah kompresi)
Bakan bakar yang bercampur dengan udara panas pada bagian silinder ini akan mengakibatkan bahan bakar menjadi terbakar dan terjadilah proses pembakaran yang menghasilkan langkah usaha.
Perlu diketahui bahwa udara yang masuk ke dalam silinder ini tidak diatur seperti halnya pada mesin bensin, karena masuknya udara hanya berdasarkan isapan dari piston. Jadi, pada mesin diesel, out-put mesin diatur atau ditentukan oleh banyaknya bahan bakar yang diinjeksikan. Sehingga untuk menentukan besarnya out-put mesin diesel tergantung dari dua hal berikut, yaitu
(1) Besarnya tekanan kompresi dan
(2) Jumlah dan saat penginjeksian bahan bakar yang tepat.

 

Cara Kerja Motor Diesel 4 Tak

Seperti yang sudah diuraikan diatas, bahwa pembakaran pada motor diesel terjadi karena bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam selinder terbakar dengan sendirinya akibat tingginya suhu udara kompresi dalam ruang bakar. Pada mesin diesel 4 langkah, katup masuk dan katup buang digunakan untuk mengontrol proses pemasukan dan pembuangan gas dengan membuka dan menutup saluran masuk dan saluran buang buang. Perbedaan nya, jika pada motor bensin, udara dan bahan bakar masuk bersama sama melalui inteke manifold dan katup hisap, sementara di mesin diesel, hanya udara (gas) saja yang masuk ke ruang bakar melalui saluran masuk dan katup hisap. Perbedaan yang kedua, jika pada mesin bensin pembakaran diperoleh dari nyala bunga api pada busi, pada mesin diesel tidak demikian, melainkan dengan panas yang dihasilkan pada saat langkah kompresi udara, kemudian baru injector nozzle menyemprotkan bahan bakar yang sudah diatomisasikan (dikabutkan) sehingga mudah terjadi pembakaran.

Cara kerja motor diesel 4 Tak dapat dipahami dengan mempelajari urutan langkah kerja dalam menghasilkan satu usaha untuk memutar poros engkol.Urutan langkah kerjanya sebagai berikut :

 

1). Langkah Hisap
Piston (torak) bergerak dari TMA ke TMB, katup masuk membuka dankatup buang tertutup. Udara murni terhisap masuk ke dalam selinder diakibatkanoleh dua hal. Pertama, karena kevakuman ruang selinder akibat semakinmemperbesar volume karena gerakan torak dari titik mati atas (TMA) ke titik matibawah (TMB), dan kedua, karena katup masuk (hisap) yang terbuka.  Pada saat ini katup hisap membuka dan katup buang menutup.

Langkah Hisap

Langkah Hisap

 

2).Langkah Kompresi
Poros engkol berputar, kedua katup tertutup rapat, piston (torak) bergerakdari TMB ke TMA. Udara murni yang terhisap ke dalam selinder saat langkahhisap, dikompresi hingga tekanan dan suhunya naik mencapai 35 atm dengan temperatur 500-900 °C (pada perbandingan kompresi 20 : 1). Gambar 3menunjukkan katup hisap baru menutup kembali setelah beberapa derajad setelah TMB. Perbandingan kompresi pada motor diesel berkisar diantara 14 : 1 sampai 24 : 1. Jadi dapat diketahui bahwa pada langkah kompresiefektif baru terjadi setelah katup masuk (hisap) benar-benar tertutup.

Langkah Kompresi

Langkah Kompresi

 

3). Langkah Usaha (pembakaran)
Pada akhir langkah kompresi, injector nozzle (penyemprot bahan bakar) yang menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan tinggi dalam bentuk kabut ke dalam ruang bakar (di atas torak / piston). Bahan bakar yang diinjeksikan dengan tekanan tinggi (150-300 atm) akan membentuk partikel-partikel kecil (kabut) yang akan terbakar dengan cepat karena adanya temperatur ruang bakar yang sangat tinggi (500-900°C).

Langkah Usaha (pembakaran)

Langkah Usaha (pembakaran)

 

Pembakaran maksimal tidak terjadi langsung saat bahanbakar diinjeksikan, tetapi mengalami keterlambatan pembakaran (ignition delay)  dan selanjutnya bersama sama dengan udara terbakar oleh panas yang dihasilkan pada langkah kompresi tadi. Diikuti oleh pembakaran tertunda, pada awal langkah usaha akhirnya pembentukan atom bahan bakar akan terbakar sebagai hasil pembakaran langsung dan membakar hampir seluruh bahan bakar. Mengakibatkan panas silinder meningkat dan tekanan silinder yang bertambah besar. Tenaga yang dihasilkan oleh pembakaran diteruskan ke piston. Piston terdorong ke bawah/TMB bergerak dari TMA ke TMB)   dan tenaga pembakaran dirubah menjadi tenaga mekanik. Gaya akibat tekanan pembakaran yang mendorong piston ke bawah (TMB) diteruskan oleh batang piston (torak) untuk memutar poros engkol. Poros engkol inilah yang berfungsisebagai pengubah gerak naik turun torak menjadi gerak putar yang menghasilkan tenaga putar pada motor diesel. Perlu juga anda ketahui bahwa pada Tahap pembakaran  ini kedua katup juga dalam posisi tertutup.

 

4). Langkah Pembuangan
Katup buang terbuka dan piston bergerak dari TMB ke TMA. Karena adanya gaya kelembamam yang dimiliki oleh roda gaya (fly wheel) yang seporos dengan poros engkol, maka saat langkah usaha berakhir, poros engkol tetap berputar. Hal tersebut menyebabkan torak bergerak dari TMB  ke TMA. Karena katup buang terbuka, maka gas sisa pembakaran terdorong keluar oleh gerakan torak dari TMB ke TMA. Pada langkah ini katup buang terbuka dan katup masuk tertutup.

Langkah Pembuangan

Langkah Pembuangan

Setelah langkah ini berakhir, langkah kerja motor diesel 4 langkah (4 tak) akan kembali lagi ke langkah hisap (masuknya udara segar). Proses yang berulang-ulang tersebut diatas disebut dengan siklus mesin diesel 4 tak.

 

Demikianlah artikel tentang Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak . Semoga  bermanfaat bagi pembaca budiman sekalian.

Hasil penelusuran:

  • cara kerja mesin disel 4 tak
  • mesin disel 4 tak
  • cara kerja mesin 4 tak
  • cara kerja mesin disel 4 tak merk marcedes
  • cara kerja motor disel 4
  • mekanisme mesin disel 4 tak
  • mesin diael 4 tak
  • motor disel 4 langkah
  • perinsip kerja mesin disel 4 tak

Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak | budidarma | 4.5