Alap-Alap Sapi

Advertisement

Selamat kembali ke budidarma.com. Kali ini kami akan memperkenalkan Falco moluccensis atau lazim disebut sebagai burung Alap-Alap Sapi yang merupakan burung yang termasuk di dalam kelompok genus Falco, burung ini memiliki tubuh yang berukuran kecil biasanya sekitar (30 cm). Mungkin sebagian dari kita jarang yang mengetahui tentang jenis burung yang satu ini, karena memang jenis Jumlah burung ini sangat sedikit dan semakin sulit untuk dijumpai di alam bebas.

Alap-Alap Sapi
Burung Alap-Alap Sapi/ Falco moluccensis pada spesies berkelamin jantan nya memiliki warna tubuh pada bagian atas berwarna coklat gelap. Mahkota dan Tubuh bagian atas nya berwarna kekuningan, bergaris dan bintik hitam tebal. Tubuh bagian bawah kuning suram dengan coretan/strip berwarna hitam tebal. Ekor burung jenis ini berwarna abu-abu kebiruan dengan ujung putih dan garis lebar hitam di sub-terminal. Burung Alap-Alap Sapi/ Falco moluccensis pada spesies berkelamin betina nya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, dengan garis tebal pada bagian ekor nya. Iris berwarna coklat, paruh nya berwarna abu-abu kebiruan, ujung hitam, serta kuning, dengan bagian tungkai dan kaki nya berwarna kuning. Telur Alap-Alap Sapi/ Falco moluccensis berwarna kemerahan, berbintik coklat, pada umumnya berjumlah 4 butir untuk sekali periode berkembang biak yang terlangsung antara bulan April-Agustus setiap tahunnya.

 

Alap-Alap Sapi/ Falco moluccensis memiliki kebiasaan terbang secara melingkar dan perlahan perlahan, melayang-layang diam sambil mengepakkan kedua sayapnya lalu kemudian Falco moluccensis akan menukik saat akan memangsa targetnya. Kebiasaan hidup lainnya dari burung Alap-Alap Sapi ini adalah bertengger pada tiang, pohon maupun batu cadas. Makanan yang umumnya dimangsa oleh burung ini adalah jenis mamalia-mamalia kecil, serangga, burung ini juga memakan kelelawar, burung dan kadal.

Sebagai tempat tinggal, Burung Alap-Alap Sapi/ Falco moluccensis membuat sarang besar dari ranting, berlapis daun, epifit, atau lumut, yang berada pada pohon terisolir atau pada lubang-lubang pohon.

 

alap alap sapi 2

Demikian telah kami sajikan pengetahuan tentang burung Alap-Alap Sapi , semoga dapat memotivasi kita untuk menjaga kelestarian fauna Indonesia.

Alap-Alap Sapi | budidarma | 4.5