Cara menanam bunga dahlia

Advertisement

Cara menanam bunga dahlia – Kita ketahui bahwa dalam perawatan bunga yang baik, maka harus diawali dengan proses pengolahan media tanam dan penanamannya. Termasuk juga dalam menanam bunga dahlia. Dalam menanam bunga dahlia ada tekniknya tersendiri agar bunga dahlia dapat berkembang dengan baik. Berikut kami jelaskan cara menanam bunga dahlia semoga dapat memberikan pengetahuan bagi anda.

Cara menanam bunga dahlia

Pengolahan Media Tanam

Pengolahan media tanam setiap bunga pada umumnya hampir sama walaupun pada jenis-jenis bunga tertentu terdapat sedikit perbedaan, tergantung tipe bunganya dan jenisnya, berikut adalah pengolahan media tanam bunga dahlia:

Penanaman di Polybag (dahlia mini dan dahlia besar)
a) Media tanam berupa sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan yang baik adalah  (6:1) kemudian dicampur secara merata.
b) Masukkan media ke dalam polybag berukuran  30 x 20 cm sampai mengisi  sekitar 90 % volume polybag.
c) Buat lubang tanam ditengah media, dianjurkan menambahkan  1 gram pupuk NPK.
d) Masukkan bibit dari polybag kecil dan padatkan media di sekitar batang. Siram sampai   lembab.
e) Selanjutnya tanaman diberi pupuk NPK sebanyak 1 gram setiap dua minggu. Penyemprotan dengan pestisida Antracol dan Basudin dapat anda lakukan jika terlihat gejala serangan penyakit.
f) Pemangkasan daun perlu dilakukan agar bunga yang dihasilkan berkualitas baik. penjarangan bunga bertujuan untuk mendapatkan bunga dengan ukuran maksimal. Kriteria penjarangan bunga adalah:
1. Di setiap pucuk lateral hanya terdapat 6 kuntum bunga dihitung sampai buku ke tiga untuk tanaman Dahlia mini.
2. Di setiap pucuk utama dan pucuk lateral hanya terdiri atas 3 kuntum bunga untuk tanaman Dahlia yang besar.

Pembentukan Bedengan
Bedengan dibuat dengan ukuran  lebar 70 cm, tinggi 15 cm dan panjang sesuai dengan kondisi lahan sedangkan  jarak antar bedengan adalah  55 cm. Setelah bedengan terbentuk, tanah diolah sedalam 45 cm beberapa kali dengan cangkul. Tambahkan pupuk kandang setebal 15 cm (10-15 ton/ha) dan campur dengan 45 cm tanah bedengan. Haluskan tanah bedengan sampai kedalaman 15 cm. Rapikan kembali bedengan.

Cara menanam bunga dahlia 2

Teknik Penanaman
1) Pembuatan Lubang Tanam
Lubang tanam dibuat sedalam 20 x 20 x 20 cm pada jarak tanam 65-75 cm.
2) Cara Penanaman Ubi
Ubi diletakkan mendatar di dasar lubang dan tutup dengan tanah setebal 5 cm. Dari tunas yang tumbuh hanya satu atau dua yang dibiarkan tetap tumbuh.

Silahkan mencoba menanam bunga dahlia, semoga berhasil.

Salam Lestari  Indonesiaku..

Cara menanam bunga dahlia | budidarma | 4.5