Peluang Usaha Pertanian Organik

Advertisement

sumber photo:
www.extremumspiritum.com/2010/10/16/new-fda-regulations-to-destroy-small-organic-farms/

Back to Nature telah menjadi slogan trend baru. Gaya hidup sehat dan meninggalkan pola hidup lama yang menggunakan bahan kimia non alami, seperti bubuk pestisida, kimia sintetis dan hormon tumbuh dalam produksi pertanian. Makanan yang sehat dan bergizi tinggi dapat diproduksi dengan metode baru yang dikenal dengan nama pertanian organik.Pertanian organik adalah teknik budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Tujuan utama pertanian organik adalah menyediakan produk-produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumennya serta tidak merusak lingkungan.

Indonesia memiliki kekayaan sumberdaya alam tropis yang unik, kelimpahan sinar matahari, air dan tanah, serta budaya masyarakat yang peduli alam, potensi pertanian organik sangat besar. Luas lahan yang tersedia untuk pertanian organik di Indonesia sangat besar. Dari 75,5 juta ha lahan yang dapat digunakan untuk usaha pertanian, baru sekitar 25,7 juta ha yang telah diolah untuk sawah dan perkebunan (BPS, 2000). Untuk pertanian organik menuntut agar lahan yang digunakan tidak atau belum tercemar oleh bahan kimia. Kualitas dan luasan menjadi pertimbangan dalam pemilihan lahan. Lahan yang belum tercemar adalah lahan yang diusahakan secara intensif dengan menggunakan bahan pupuk . Menggunakan lahan seperti ini memerlukan masa konversi cukup lama, yaitu sekitar 2 tahun.

Kendala
1. Potensi pasar produk pertanian organik hanya terbatas pada masyarakat menengah ke atas.
2. Belum ada insentif harga yang memadai untuk produsen produk pertanian organik.
3. Perlu investasi mahal pada awal pengembangan karena harus memilih lahan yang benar-benar steril dari bahan agrokimia.
4. Belum ada kepastian pasar sehingga petani enggan memproduksi komoditas tersebut.

Namun sejatinya Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar Internasional untuk menghasilkan bahan pangan organik seperti buah organik dan sayur organik. Karena berbagai keunggulan komparatif antara lain:
1. Masih banyak sumberdaya lahan yang dapat dibuka untuk mengembangkan sistem pertanian organik.
2. Teknologi untuk mendukung pertanian organik sudah cukup tersedia seperti pembuatan kompos, tanam tanpa olah tanah, pestisida hayati dan lain-lain.

Pengembangan selanjutnya pertanian organik di Indonesia harus ditunjukan untuk memenuhi permintaan pasar global. Oleh sebab itu komoditas-komoditas eksotik seperti sayuran dan perkebunan seperti kopi dan teh yang memiliki potensi ekspor paling tinggi perlu segera dikembangkan.

Kopi misalnya, Indonesia merupakan pengekspor terbesar kedua setelah Brasil, namun sayangnya kopi Indonesia belum memiliki merek dagang di pasar Internasional.

Komoditas yang layak dikembangkan dengan sistem pertanian organik
Kategori Komoditi
Tanaman Pangan Padi
Hortikultura Sayuran: brokoli, kubis merah, petsai, caisin, cho putih, kubis tunas, bayam daun, labu siyam, oyong dan baligo. Buah: nangka, durian, salak, mangga, jeruk dan manggis.
Perkebunan Kelapa, pala, jambu mete, cengkeh, lada, vanili dan kopi.
Rempah dan obat: Jahe, kunyit, temulawak, dan temu-temuan lainnya.
Peternakan: Susu, telur dan daging

Masih terbuka luas jika Anda ingin memulai bisnis dalam bidang pertanian, khususnya sektor pertanian organik. Karena kebutuhan pasar diperkirakan akan terus meningkat setiap harinya baik pasar lokal maupun internasional. Hal tersebut terjadi, karena didukung oleh kesadaran masyarakat sendiri yang memahami akan arti penting mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan yang ditanam dengan teknik pertanian organik atau non bahan kimia.

sumber:http://bisnispertanian.com/peluang-pertanian-organik-di-indonesia.html

Hasil penelusuran:

  • kendala dan peluang pertanian organik
  • keuntungan usaha pertanian organik
  • peluang dalam sistem pertanian
  • peluang dan keuntungan dari sistem pertanian organik
  • peluang pasar sayuran organik di Indonesia
  • peluang pertanian organik
  • peluang pertanian organik di Indonesia
  • peluang potensi sayuran organik
  • prospek usaha pertanian organik

Peluang Usaha Pertanian Organik | budidarma | 4.5