Cara menanam kurma

Advertisement

Cara menanam kurma

 

Menanam pohon kurma terbagi dua yaitu:

A) Menanam pohon kurma dari anak kurma.

Pokok pokok kurma dewasa biasanya akan mengeluarkan anak-anak kurma di pangkal pohon dan jumlahnya tergantung pada umur pohon dewasa.  Anak-anak pohon kurma ini bisa dipisahkan dari batang pohon kurma dewasa dan ditanam di tempat lain.  Kerja-kerja memisahkan anak kurma sangat rumit dan jika tidak dilakukan dengan cermat akan merusak anak kurma dan juga pohon kurma dewasa.

Menurut beberapa pendapat mengatakan 70 persen anak-anak pohon kurma yang tumbuh dari pohon dewasa adalah bakal pohon betina dan bisa menghasilkan buah.   Sedangkan 80 persen bakal pohon yang tumbuh dari biji adalah pohon jantan.

Anak-anak pohon kurma yang telah dipisahkan dari pohon kurma harus disediakan dengan cukup air. Ini karena kebanyakan akar anak-anak kurma ini telah terputus.  Cara yang terbaik merawat akar-akar anak kurma ini adalah dengan membalut akar yang terputus itu dengan goni basah.

Cara lain adalah dengan merendam sebagian pangkal anak-anak kurma ini dalam air sehingga akar-akar baru tumbuh.

Jika memilih untuk menanam anak-anak kurma setelah dipisahkan, adalah sangat perlu menyiram dua kali sehari dengan kadar air yang cukup. Pastikan tanah sekitar anak kur yang bar ditanam lembap selama antara dua dan tiga bulan.

 

B) Menanam kurma menggunakan biji.

Biji-biji kurma mudah ditemukan setelah memakan buah kurma kering. Ia diasingkan untuk tujuan penyemaian.  Kita bisa menentukan jenis-jenis kurma yang populer yang biasa dibawa pulang dari tanah Arab adalah ajwah dan ambar.

rahasia pendebungaan 
Pohon kurma memiliki jenis kelamin yaitu pohon jantan dan pohon betina. Kedua jenis kelamin menghasilkan bunga.  Tahukah Anda bahwa bunga-bunga kurma tidak menghasilkan bau dan rasa? Oleh karena itu, serangga dan lebah tidak membantu di dalam proses pendebungaan pohon kurma.

Pencantuman bunga jantan dan bunga betina harus dilakukan dengan bantuan manusia menggunakan tangan.  Bunga-bunga kurma jantan bisa diambil dan disimpan di dalam pendingin selama setahun jika pohon-pohon kurma betina belum menghasilkan bunga.  Proses pendebungaan bisa dilakukan dari dari tiga sampai 30 hari setelah bunga-bunga betina keluar dari mayang pohon.

Proses membuat serbuk sari dari bunga jantan

1.Membuang kelopak mayang kurma mulai dari atas ke bawah.

Mayang pohon kurma jantan biasanya tertutup untuk menghindari tiupan angin atau serangga. Kemudian letakkan bunga kurma jantan tadi pada rak yang kering.

2 Setelah pengeringan bunga kurma jantan selesai, goyanglah bunga kurma jantan tadi untuk mendapatkan serbuk sari kurma jantan.

3. Bunga-bunga kurma jantan dibagi menjadi dua bagian. Sepohon bunga kurma jantan bisa mendebungakan 40 sampai 50 pohon kurma betina.

4.Setelah proses pendebungan siap maka bunga kurma ini harus dijarakkan untuk menghasilkan buah kurma yang besar. Bilah bunga yang rapat hanya menghasilkan buah yang banyak tapi ukurannya kecil.

Hasil penelusuran:

  • cara membedakan pohon kurma jantan dan betina
  • cara membedakan biji kurma jantan dan betina
  • cara membedakan bibit kurma jantan dan betina
  • ciri-ciri bibit kurma betina
  • cara membedakan kurma jantan dan betina
  • cara menanam kurma
  • ciri biji kurma betina
  • Cara menanam pohon kurma
  • membedakan kurma jantan dan betina
  • cara menanam biji kurma

Cara menanam kurma | budidarma | 4.5