Perbedaan Kucing Persia dengan Anggora

Advertisement
Kucing jenis persia maupun jenis angora memang merupakan Jenis Hewan Peliharaan yang unik secara fisik karena berbeda dengan kucing biasa, namun untuk membedakan antara kedua jenis kucing ini tidaklah mudah. Tidak banyak perbedaan antara Kucing Persia dan angora, karena memang keduanya berasal dari region yang tidak jauh, yaitu sama-sama berasal dari kawasan Turki.
Orang awam sering menggunakan kata ”angora” untuk kucing berbulu panjang. Kesalahan ini mulai terjadi sekitar 250 tahun lalu. Pada saat itu kucing-kucing berbulu panjang banyak terdapat di sekitar kota Angora (sejak tahun 1930 disebut Ankara, Turki) dan Persia (Daerah timur perbatasan turki, sejak 1935 disebut Iran).

Saat itu tidak ada perbedaan besar antara kucing yang hidup di Angora/Ankara dengan Persia/Iran. Sejalan dengan banyaknya pedagang eropa yang berbisnis di timur tengah, semakin banyak kucing asal turki dan persia yang di impor ke benua eropa. Ketika kontes kucing (cat show) mulai diadakan di inggris pada tahun 1870, kategori kucing berbulu panjang sangat populer. Sejak saat itulah sifat-sifat genetik persia dan angora mulai berkembang menjadi lebih murni dan spesifik.
Walaupun Kucing Anggora dan Persia tidak begitu banyak berbeda secara fisik, tapi perbedaan genetik yang mereka miliki menentukan bagaimana anda seharusnya memelihara mereka. Adanya perbedaan antara kucing Anggora dan Persia dalam hal temperamen, pola makan, dan kecerdasan membuat kedua kucing ini sebenarnya sangat berbeda dalam perilakunya dan yang pasti akan meminta perlakuan yang berbeda pula dari majikannya.
Bentuk tubuh yang besar, tebal, kepala bulat dan badan cobby identik dengan kucing persia. Sementara angora lebih langsing, panjang, lentur & luwes serta kepala berbentuk lancipn (segitiga). Baru pada tahun 1962 kucing angora masuk secara resmi ke Amerika. Angora pertama kali diakui dan didaftar pada tahun 1973 oleh CFA (Cat Fanciers Association).
Ciri dan Bentuk

Persia
 
Kucing Persia merupakan kucing yang sangat cantik dan indah dengan bentuk tubuh yang besar, padat, kepala besar dan bulat, ditutupi lapisan bulu yang tebal. Orang awam pun pasti langsung bisa mengenali kucing persia. Di Indonesia, kucing ras persia cukup banyak dikembangbiakkan dibandingkan dengan ras lain. Mungkin disebabkan bulu yang panjang dan tebal serta sifat tenang, anggun dan manja yang merupakan salah satu ciri khas kucing ras persia. Persia lebih mudah dikandangkan, relatif tidak berisik dan lebih cocok hidup di dalam rumah.

Hasil penelusuran:

  • kepintaran kucing anggora
  • kucing anggora & persia
  • kucing hias besar
  • kucing persia danv anggorA banyak
  • perbedaan persia dan anggora
  • persia cantik besar

Perbedaan Kucing Persia dengan Anggora | budidarma | 4.5